5 Feb 2014

Pendaftaran ILEP 2014

Sobat, pendaftaran International Leader in Education Program (ILEP) Tahun 2014 telah dibuka. Buat anda yang berprofesi sebagai guru SMP, SMA dan SMK layak untuk mencoba ikut dalam kegiatan ini. ILEP adalah sebuah kegiatan peningkatan profesionalisme guru tingkat dunia yang diselenggarakan oleh Department of State, USA. Pengalaman saya mengikuti kegiatan ini pada tahun 2013 memberikan kesan yang sangat positif dalam kehidupan profesional sebagai guru dan kehidupan pribadi. Bagi anda yang belum tahu tentang ILEP bisa membaca tulisan saya sebelumnya "International Leader In Education Program" dan "International Leader In Education Program Part 2"

Banyak sekali pelajaran hidup yang saya bawa pulang selepas kegiatan ini. Saya yakin anda juga akan mendapatkan pengalaman itu jika terpilih sebagai salah satu awardee di tahun 2014 ini (keberangkatan 2015). Selain pengalaman akademik, kuliah di salah satu universitas di Amerika yang telah ditunjuk oleh pemerintah Amerika serikat, pengalaman budaya dan jalan-jalan pun akan jadi bahan menarik untuk diceritakan ke anak cucu nantinya.

Aplikasi ILEP 2014 dapat anda download di website Aminef. Mungkin tulisan saya sebelumnya "Panduan Pengisian Form ILEP 2013" dapat membantu anda untuk mengisi Form ILEP 2014.  Sekilas saya melihat form aplikasi ILEP 2014 tidak banyak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Saya juga pernah menuliskan pengalaman mengikuti tahapan wawancara ILEP 2013 disini. Mungkin juga dapat menjadi referensi bagi anda yang lolos ke tahap berikutnya. Jika anda lolos pada tahapan wawancara, maka kesempatan anda untuk menjadi awardee ILEP 2014 akan sangat besar setelah mendapat approve dari Washington DC.

Mendapat email bahwa nama anda menjadi salah satu peserta yang diterima sebagai awardee ILEP 2014 adalah hal yang sangat melegakan, seperti minum minuman ringan dingin setelah berjalan di bawah terik matahari. Tahap selanjutnya adalah mengikuti Pre Departure Orientation (PDO) dan Mengurus Visa Ke Amerika. Anda juga bisa baca pengalaman saya ketika mengurusnya.

Seperti yang sudah saya tulis sebelumya, banyak sekali pengalaman seru yang akan anda jalani jika menjadi awardee ILEP. Pengalaman internship di sekolah menengah di Amerika, bekerja sama dengan guru Amerika, membangun jaringan internasional di bidang pendidikan. Dan yang tak kalah seru, tentu saja jalan-jalan ke view menarik di Amerika sana. Seperti pengalaman saya Menginap Semalam di Hogan, Rumah Indian.Siapkan diri anda, penuhi syarat minimal dan segera kirim aplikasinya.


Jabat Erat
Berry Devanda

4 komentar:

  1. PEngalaman yang sangat menarik BAng Berry tidak akan terlupakan seumur hidup

    BalasHapus
  2. salam kenal pak berry.terimakasih atas infonya. sangat membantu bagi saya yg tertarik melamar ILEP tahun ini.Semoga saya lulus.
    yang ingin saya tanyakan apakah kita juga melampirkan ijazah kita ketika mengirim aplikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal,
      Waktu mendaftar dulu saya tidak diminta melampirkan ijazah. Ijazah nanti diminta ketika kita dipanggil wawancara

      Hapus
  3. jadi ingin mencobanya terima kasih pak untuk infonya...

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....