2 Mar 2013

PANDUAN PENGISIAN FORM ILEP 2013

Apa kabar sobat? Senang rasanya dapat kembali menulis lagi. Seperti yang sudah saya sebutkan di post terdahulu, saya akan membuat Panduan Pengisian Form ILEP 2013. Kemaren (1 Maret 2013), seorang guru yang mengaku dari berasal Kalimantan Barat mengirim email untuk mengingatkan saya membuat panduan tersebut. Terimakasih telah mengingatkan saya bu. Bagi anda yang ingin mengetahui apa itu International Leader In Education Program (ILEP), anda bisa baca tulisan saya disini dan disini.

ILEP adalah kesempatan besar bagi guru di Indonesia untuk dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman mengajar. Selain itu, anda juga akan mendapatkan pengalaman hidup pada masyarakat international, menjadi pemimpin dan pengalaman baru lainnya. Saya pikir, kegiatan ini sangat recomended bagi guru di Indonesia.

Sebelumnya, saya ingin bercerita pengalaman saya mengikuti seleksi ILEP 2013. Setelah hanya menjadi cadangan pada seleksi beasiswa S2 ke Amerika, saya memutuskan untuk mencari beasiswa Short Course. Setelah searching di internet, saya menemukan ILEP. Saya baca oveview programnya dan mengambil kesimpulan bahwa beasiswa ini sangat baik untuk pengembangan diri saya. Saya berpikir, kenapa saya tidak mencoba beasiswa ini?

Setelah mendownload form aplikasi di website Aminef, saya melakukan pencarian tulisan atau web yang membahas tentang ILEP, terutama tentang pengisian Form Aplikasinya. Saya kesusahan untuk menemukannya (mungkin kerena saya tidak maksimal mencarinya). Saya juga googling mencari alumni yang pernah mengikuti kegiatan tersebut. Singkat cerita, akhirnya saya menemukan seseorang teman yang sama-sama mengikuti interview beasiswa master ke Amerika di kota Medan beberapa bulan sebelumnya. Lucunya, pada saat interview beasiswa S2 tersebut berlangsung kami tidak pernah menyinggung kegiatan ILEP ini dan belum tahu kalau beliau juga Alumni ILEP. Padahal kami sama-sama berangkat dari Padang, satu hotel dan jalan-jalan keliling kota Medan bersama. Saya banyak bertanya kepada beliau tentang pengisian Form ILEP.

Form ILEP 2013 (untuk keberangkatan Tahun 2014) agak sedikit berbeda dari form yang saya isi dulu, ILEP 2012 (keberangkatan tahun 2013). Waktu saya dulu, formnya berbasis Microsoft Word, sekarang sudah berbentuk pdf file. Dilain sisi, ada beberapa penambahan pertanyaan pada form ILEP 2013 ini. Pastikan anda sudah mendownload Form Aplikasi ILEP 2013 di Website Aminef. Saya juga merekomendasi Adobe Reader terbaru untuk pengisian aplikasi ini.

Apa yang akan saya tulis tentang pengisian form aplikasi ini hanyalah contoh belaka. Bukan sesuatu yang baku dan UnOfficial. Anda bisa menggunakannya untuk mengisi aplikasi jauh lebih baik dari yang saya contohkan ini. Hayuk kita mulai,



Pertama kali, Isilah Applicant Name, City/Country pada pojok kanan atas. Anda cukup sekali saja mengisi ini, karena secara otomatis akan terisi pada halaman berikutnya, kecuali pada Support and Reference pada 3 halaman terakhir.

Berikut saya akan bahas setiap pertanyaan :


1. Name, Isi nama anda sendiri, jangan nama orang lain (hehehe). Jika nama anda hanya satu suku kata, cukup isikan pada nama belakang (surname).

2. Country of Citizenship, ini cukup jelas.

3. Country of Legal Residence, ini cukup jelas.

4. Place of Birth, isilah tempat lahir dan negaranya

5. Date of Birth, Isilah bulan, hari dan tahun kelahiran anda

6. Gender, Klik male atau Female (jangan sampai salah ya :-))

7. Number of Years Teaching, Ketikan berapa lama anda mengajar. Lengkap dengan bulannya. Pada gambar diatas, saya mencontohkan 5 Tahun 2 Bulan. Tanda (+) pada sudut kanan bawah menandakan ada huruf tersembunyi dikarenakan kotak yang tidak cukup memuat huruf (tak masalah)


8. What Classes do you teach, Klik pada salah satu mata pelajaran yang anda ampu. Jika anda guru Bahasa Inggris, anda bisa centang lebih dari satu, misalnya "english for non native speakers" dan "English Gramar". Jika anda guru PKN, anda bisa centang "Civics" pada Social Studies. Saya mencentang Physics karena saya guru fisika.


 9. Home Mailing Address, Silahkan isi alamat rumah anda pada kolom ini.

10. School Address, ketiklah alamat sekolah tempat anda mengajar. Jika anda mengajar lebih dari satu sekolah, ketikan sekolah utama.


11. School Information, isilah kolom pertanyaan ini dengan informasi sekolah anda. Isilah pertanyaan a) dengan Urban jika sekolah anda di perkotaan, dan Rural jika sekolah anda di daerah terpencil (pedesaan). Isi pertanyaan b) dengan Government-run jika anda mengajar di sekolah negeri dan Private untuk sekolah swasta. Isilah semua form tentang sekolah anda seperti contoh diatas.

Berikutnya anda diminta untuk menjelaskan secara singkat (tidak lebih dari 200 kata) tentang siapa siswa anda, apa yang mereka lakukan setelah tamat dari sekolah, orang tua mereka dan hal lain yang anda pikir penting untuk di ketahui tim seleksi ILEP. Diatas, saya mencontohkan sekolah tempat saya mengajar.



12. Silahkan isi jika anda pernah ditangkap untuk perbuatan kriminal.

13. Silahkan isi Yes, jika ada kolega di sekolah anda yang pernah mendapatkan beasiswa ILEP atau TEA sebelumnya. Jika tidak klik No.


14, 15 dan 16a, silahkan isi sesuai dengan kondisi anda.


16b dan 17. Isilah jika anda pernah mengikuti kegiatan exchange program atau berpergian ke luar negeri. Silahkan dirinci negara, tanggal kegiatan dan alasannya.

18. Pada pertanyaan ini, silahkan jelaskan pengalaman bekerja dengan organisasi internasional atau orang asing. Jika tidak ada, anda boleh tidak mengisinya


19. Silahkan centang box yang menjelaskan tentang dari mana anda mendengar atau mengetahui ILEP.

20. Education. Pada kolom ini silahkan isi background pendidikan anda mulai dari S1, S2 dan seterusnya.


21. Foreign Language Profiency, Silahkan isi kemampuan berbahasa asing anda. Isi kemampuan anda Reading, Writing, Comprehension dan Speaking dengan nilai antara 1 sampai 5

22. Additional Education or Professional Experience & Activity. Untuk pertanyaan ini anda dapat membuatnya semenarik dan selengkap mungkin. Pada waktu mengisi aplikasi ini tahun lalu, saya menggunakan format yang di gunakan I Made Andi Arsana. Format yang beliau gunakan untuk CV tersebut sangat menarik menurut saya. Tahun lalu, saya meng-cut tabel pendidikan dan pelatihan yang pernah saya ikuti dan saya paste di form aplikasi ILEP. Anda bisa download contoh CV beliau di sini.

23. Work History. Pada pertanyaan ini silahkan isi pengalaman kerja anda.


24. Classroom Lesson. Silahkan jelaskan pengalaman mengajar yang anda anggap paling sukses. Bagaimana anda mendesignnya, bagaimana respond siswa dan bagaimana anda memberikan penilaian. Diatas saya berikan contoh singkatnya. Anda tentu bisa membuatnya lebih baik.

25. Girls' Education. Ini adalah pertanyaan baru pada aplikasi ILEP. Tahun lalu, saya tidak menemukan pertanyaan ini. Sepertinya penyelenggara ILEP, IREX, ingin tahu tentang posisi perempuan, terutama pendidikannya. Silahkan lakukan mini research di lingkungan anda dan angkat satu topik yang menurut anda layak untuk diketahui oleh penyelenggara.



26. Weekly Schedule. Pada pertanyaan ini, penyelenggara ingin melihat aktivitas sehari-hari anda. Terutama aktivitas di sekolah. Silahkan isi lengkap semua kolom yang disediakan pada tabel termasuk kegiatan anda menyiapkan pelajaran yang akan anda ajarkan (Preparation). Anda dapat melihat contoh Weekly Schedule yang disini


27. Statement of Purpose. Masing-masing kita pasti memiliki statement of purpose yang beragam. Diatas merupakan salah satu contoh statement of purpose yang dapat anda kembangkan menjadi lebih baik. Ada baiknya anda googling dan temukan statement of purpose yang jauh lebih baik.

28. CV. Seperti yang sudah saya jelaskan pada nomor 22, silahkan anda menambahkan CV.



IREX PRIVACY POLICY & APPLICATION CERTIFICATION STATEMENT. Setelah anda membaca dengan cermat, silahkan anda isi tanggal dan tandatangan menggunakan pena tinta di lingkaran berwarna merah. Jika anda memiliki keterbatasan fisik, anda juga diminta untuk mencentang pada salah satu box dibawah tanda tangan tersebut.

2014 INSTITUTIONAL SUPPORT AND REFERENCE FORM
Halaman berikutnya adalah 2014 INSTITUTIONAL SUPPORT AND REFERENCE FORM. Minta kepala sekolah anda untuk mengisi nama anda (Name of Applicant) dan Nama kepala sekolah (Supervisor) berikut seluruh data yang diminta. Kemudian minta beliau untuk mencentang seluruh karakteristik yang sesuai dengan diri anda. Minta juga beliau menjelaskan tentang diri anda (semacam recomendation letter) yang mendeskripsikan diri anda, prestasi anda dan hal lain dianggap perlu. Kemudian lengkapi halaman berikutnya yang berupa surat pernyataan. Centang radiobox "with pay" jika anda tetap digaji selama mengikuti program. Centang "Without Pay" jika anda tidak digaji selama program berlangsung. Diakhir, ketikan tanggal, nama kepala sekolah dan tandatangan.

Pastikan semua persyaratan dan requirement anda lengkapi sebelum dikirim. Ada baiknya anda mencari informasi sebanyak-banyak tentang program ILEP ini sebelum anda mengirimkan aplikasi. Lakukan juga research kecil-kecilan mengenai apa sebenarnya yang ingin dicari oleh penyelenggara program agar anda dapat menselaraskan tujuan anda dengan tujuan penyelenggara. Tetap semangat dan semoga berhasil.

Senang sekali jika saya dapat membantu anda jika ada pernyataan tentang ini. Sekali lagi ini hanya contoh anda tentu dapat mengisi aplikasi ini jauh lebih baik. Silahkan ketik komentar anda dibawah. Feel free untuk mengontak saya

Salam Berry Devanda



82 komentar:

  1. makasih infonya. kayakx sy juga tertarik pengen melamar. kl boleh tau berapa ya jumlah biaya hidup yang diterima dari program ini? sulitkah persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini? o iya saya mengajar TIK atau KKPI di salah satu SMK. kira-kira boleh gak ya saya melamar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi sudah berkunjung mbak. kalau masalah biaya yang pasti sangat cukup untuk hidup selama program berlangsung. berkaitan dengan guru TIK atau KKPI yang ingin mengikuti program ini, saya telah email orang Aminef dan berikut jawabannya
      "Sayang sekali Guru TIK dan KKPI tidak bisa melamar ILEP. Karena bidang studi yang ditawarkan hanya terdiri dari 5 subject yaitu IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris dan PKn."

      Hapus
  2. makasih infonya. Mengenai TOEFL, apakah kita melampirkan hasil yang dulu, atau nanti dites?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seluruh peserta wajib melampirkan Original Copy TOEFL. Jika nanti dinyatakan lulus seleksi administrasi anda akan diundang untuk wawancara dan mengikuti Tes TOEFL lagi. Tapi waktu saya dulu, ada beberapa orang yang ikut wawancara namun tidak perlu ikut Tes TOEFL lagi. Mungkin itu karena mereka baru saja tes TOEFL nya. Namun, yang tau pasti jawabannya tentu orang AMINEF. Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. salam kenal pa beery. saya mau tanya nih, apabila dinyatakan lulus administrasi apakah nanti pada saat di wawancara undangannya lewat email, surat, atau publikasi di web? kemudian kasih bocoran dong apa saja yang ditanyakan pada saat wawancara? kemudian kuotanya kira-kira untuk sekarang berapa orang guru yang dinyatakan lulus?

    terima kasih. Mohon maaf pertanyaannya banyak...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Juga,
      Undangan untuk wawancara disampaikan via email, sebagian kawan saya juga di email dan ditelpon. Pada waktu wawancara yang ditanya tentu aplikasi yang sudah kita isi,kesiapan kita untuk hidup dalam international society dan kuat tidak nya kemauan kita untuk terlibat dalam program ini. Kalau masalah kuota saya nggak bisa jawab,soalnya itu diputuskan di Washington DC. Setelah selesai proses wawancara, Aminef akan mengirim beberapa nama ke DC, IREX and US Department of state yang di DC sebagai pelaksana program ini yang kemuadian memutuskan berapa kuota yang layak untuk Indonesia

      Terimakasih Sudah Berkunjung

      Hapus
    2. sama-sama..oh iya untuk wawancara apakah menggunakan bahasa inggris atau bahasa indonesia?

      thanks

      Hapus
    3. Wawancaranya dalam bahasa inggris pak/bu?

      Hapus
  4. salam kenal.
    apa formulir bisa diisi menggunakan tulisan tangan? dan apa toefl bisa menyusul pada saat pelaksanaan interview di jakarta?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada "GENERAL APPLICATION INSTRUCTIONS & SUBMISSION GUIDELINES" pointer dua tertulis, "Please type or print in black ink". TOEFL merupakan salah satu persyaratan, jadi harus disertakan bersama aplikasi waktu pendaftaran. Untuk info selanjutnya silahkan kontak orang Aminef.

      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. salam kenal pa?saya pengajar Bahasa Inggris, saya tertarik dengan program ini, saya mau tanya ttg TOEFL yg institusional boleh digunakan atau harus internasional saja. thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TOEFL yang diminta adalah ITP. saya pernah menanyakan hal ini pada Aminef, karena awalnya saya juga ragu international atau cukup ITP saja. TOEFL yg mereka butuhkan adalah TOEFL ITP. Mas/mbak bisa tanyakan langsung pada orang Aminef via email.

      Salam Kenal

      Hapus
  6. hi berry,
    batasan usia yg eligible u ilep berapa?? thanx u sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Bu Marini,

      Dari yang saya baca di aplikasinya nggak ada batasan usia sepertinya. namun teman2 saya yang ikut sekarang ada yang diatas 50 tahun. Ada kawan saya yang dari Lebanon usianya udah 52.

      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
    2. siiiip....jd semangat lg nih. itp toefl saya tahun 2010, apa masih bisa ? trus bgi tipsnya dong... ttg girl's education agar bisa mengakomdasi harapan usaid. hope everybody who had the same experience is kind...like u. thanx a million, Berry!

      Hapus
  7. Ooh ini semacam aplikasi tuk para guru ya mas? Mantep ya. Semoga dgn ini kualitas pendidik2 negri ini makin hebat! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Darin, ini khusus buat guru sekolah menengah.
      Lama tak saling tegur sapa mas.
      Salam

      Hapus
  8. boleh tahu berapa biaya hidup (dari mulai makan, asuransi, buku dll) perbulan yang ditanggung untuk program ini?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya untuk hidup dan technology allowance sangat cukup. Apalagi bagi saya yang biasa hidup sederhana.

      Salam Kenal Mas Dani

      Hapus
  9. Saya juga tertarik dgn program ini. Apakah translation ijazah n transkrip jg harus dilampirkan? Doakan ya mas spy sy jg lulus bisa ke Amerika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun kemaren saya tidak diminta ijazah dan transkrip pada waktu mendaftar. tapi mereka saya menyerahkan ijazah dan transkrip pada waktu wawancara.

      Hapus
  10. Trus, masalah toefl, apakah yg dilampirkan itu adalah yg asli atau boleh copyan sj. Thanks. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diminta TOEFL Original Copy nya mbak

      Hapus
  11. salam kenal Pa,../
    apakah dikirim online atau surat atau langsung?,...Trims pa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  12. salam,pak..
    di jaman bapak, bulan berapakah pengumuman hasil seleksi berkasnya?
    kemudian dimanakah interview nya diadakan?

    trimakasih banyak,pak, sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga pak,
      jaman saya dulu pengumuman untuk yang berhak ikut wawancara dan test TOEFL minggu ke empat Mei. Pelaksanaan wawancaranya minggu pertama Juni di Jakarta.

      Hapus
  13. Bismillah
    Good Luck untuk semua, semoga yang melamar ILEP lulus. Amiin
    Untuk pak Bery mohon share tentang pengalaman dan penguasaan bahasa Inggrisnya Pa. Insya ALlah saya juga ikut program ini. Insya Allah bisa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam pak Marfu
      Amin. Semoga sukses semuanya.
      Bahasa Inggris saya masih terbatas pak. Tapi nggak tau kenapa pas wawancara, bahasa inggris saya mengalir begitu saja :-)
      Mungkin karena memang rejeki saya kali pak.

      Hapus
  14. Hi Berry!
    Alhamdulillah....saya dah dpat Interview Notification dari Aminef/ILEP. Thanx a Million!! Klo Berry gak kasih info yg sejelas ini sya gak akan brani apply. Mohon saran n Mohon Doanya agar bisa lulus kayak Berry n bisa berbagi u smua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I also received the notification. Hope we both can pass the interview and the ITP TOEFL test. See you in Jakarta, Bu Marini..
      And thanks a lot to Pak Berry.

      Hapus
    2. Selamat buat bu Marini dan Maryunita Mark, semoga sukses semua.
      Wish you all the best

      Hapus
    3. Slamat ya, Bu..
      Oh, ya, notifikasinya via apakah?
      Adakah link laman resminya atau file pdfnya, Pak, Bu?
      Trimakasih sebelumnya..

      Hapus
    4. notifikasinya via email dan di telepon.gak ada linknya cuman ada contact personnya: Ms. Miftahul Mardiyah at mita@aminef.or.id and Ms. Rianti Hastuti at rianti@aminef.or.id.
      U maryunita, selamat juga...sampai ketemu nanti yaaa...

      Hapus
  15. Terima kasih atas infonya..
    Mari saling berbagi info...
    salam kenal.,

    BalasHapus
  16. Salam kenal Pak Bery. Persyaratan Pengalaman Mengajar minimal brpa tahun bru bsa mndaftar dan ikut interview. Usia pelamar minimal berapa tahun...? Saya berusia 24 tahun dan pengalaman mengajar baru dua tapi punya kerinduan untuk melanjutkan studi saya. Trima kasih dan Tuhan memberkatimu selalu,Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Pak Hopni,
      Persyaratan minimalnya 5 tahun pengalaman mengajar. Usia minimal tidak ada batasan Pak, asalkan persyaratan minimal sudah terpenuhi.

      Sukses untuk Pak Hofni juga :-)

      Hapus
  17. salam kenal,pak Berry.
    saya guru bahasa Inggris di Padang. saya mau bertanya pendaftaran ILEP 2013 berangkatnya 2014? kemaren saya mencoba mendowload application form 2014 tp belum tersedia. mohon info nya,pak. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ILEP 2014 sudah sampai pada tahap persiapan pemberangkatan. Ibu/Bapak bisa mengikuti ILEP keberangkatan 2015, jadwal pendaftaran biasanya sampai bulan April 2014.
      Sukses untuk anda

      Hapus
  18. Pak, saya Katrin, maaf mau tanya, kalau poin 7, lama masa mengajar itu dulu Bapak menghitungnya dari tanggal pertama Bapak mengajar sampai tanggal berapa yah, Pak?
    Saya ingiiin sekali seperti Bapak. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai pada masa keberangkatan nya mbak,
      berangkat biasanya awal Januari setiap tahunnya.
      Salam Kenal

      Hapus
  19. pak berry kalau pengalaman mengajarnya dibuktikan lewat surat pernyataan atau apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman mengajarnya dinyatakan pada salah satu isian pada form aplikasinya :-)
      Salam Kenal

      Hapus
  20. kalo guru pns prosedurnya gimana mas berry ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosedur apanya pak/bu?
      Kalau pengisian aplikasi cuma sampai kepala sekolah,
      tapi kalau dinyatakan lulus, kita harus mengurus izin diklat sampai ke BKD. Masing-masing daerah biasanya menerapkan aturan yang berbeda

      Hapus
  21. Maaf pak Berry...salam kenal. Terima kasih atas infonya..Sy thn 2011 mencoba tp blm rejeki jd tdk lolos seleksi administrasi..insya allah pengin coba lg tahun ini...meski umur sy sudah 40an..sy msh semangat utk mencoba...terima ksh banyak...oya kira2 gimana ya caranya sy mentranslate ijazah dan transkrip nilai? apa ada ya jasa translate ijasah dan transkrip nilai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal,,,
      untuk translate ijazah coba hubungi bagian Akademik di Kampusnya Ibu/Bapak dulu.
      Biasanya mereka menyediakan. Kalau saya dulu, karena bagian Akademik belum menyediakan translate, jadi saya mentranslate sendiri mereka yang mencetak translatenya.
      Semangat Pak/Bu

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Fransiska Ika23 Maret 2014 21.34

    Salam kenal Pak Berry...

    Untuk formasi 2014 (keberangkatan 2015) hanya diminta mengirimkan aplikasi, referensi dari atasan dan foto copy passport...apakah perlu kita melampirkan ijazah, transkrip dan surat pengalaman mengajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Bu Ika,
      Iya bu, jangan lupa Original Copy ITP TOEFL nya.
      Mengenai ijazah dan segala macamnya nanti diminta pada saat tes wawancara.
      Sukses Ibu...

      Hapus
  24. salam kenal mas berry skedar mau nanya apa saja manfaat yg diperoleh dr program ilep dan aplikasinya bagaimana di sini? n gimana rasanya naik pesawat dari indonesia ke amrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal,
      Manfaatnya ada 2,
      pertama dibidang kemampuan mengajar (akademik), kepercayaan diri dan segala macamnya.

      Kedua, manfaat secara personal. Pengalaman hidup di negara Amerika memberikan cara berpikir positif, menghargai orang lain, kepercayaan diri dan karakter penting lainnya

      Hapus
  25. sy dulu mengajar di SMA favorit d Malang slama 4thn tp skrg hanya di MAN yg letakny desa dan tdk maju dg jumlah murid yg sedikit. mungkinkah berpengaruh pd lolos ato tdkny beasiswa ini? untuk surat rekomendasi di tulis tangan ato cuma tanda tanganny sj yg pake tulisan tangan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikir banyak hal yang dijadikan faktor penilaian oleh tim AMINEF. Untuk surat rekomendasi, berdasarkan pengalaman saya yang lalu, surat rekomendasi tsb saya ketik.
      Email saya ada di laman About Me, berrydevanda@gmail.com

      Hapus
  26. pak sy minta alamat emailnya kalo boleh

    BalasHapus
  27. salam pak Berry
    saya ketinggalan blognya pak berry , saya baca di aplikasi tidak mensyaratkan sertifikat TOEFL karena saya baca blog peserta ILEP tar akan dites lagi. ADUH ini sudah hampir deadline, menurut pak berry kalo serifikatnya tahun 2007 masih layak ga? trims fyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal,
      Sertifikat TOEFL tetap dilampirkan pada saat mendaftar. TOEFL ITP hanya berlaku 2 tahun kalau nggak salah :-)
      Sukses selalu

      Hapus
  28. yaah, telat T_T, expired 15 April ... :D
    oia pak, ini yg ikut harus sudah berpengalaman mengajar ya?

    BalasHapus
  29. Salam Pak berry .. aplikasi saya sudah terkirim pak.. cuman saya ragu nih karena saya nggak sempat menggandakan aplikasi saya menjadi 5 rangkap.. tapi di aplikasi yang saya baca tidak menyebutkan untuk menggandakan... itu gimana yah pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada waktu saya dulu hanya mengirim 1 rangkap saja pak.
      Silahkan kontak pihak aminef langsung pak
      Sukses ya
      Salam kenal

      Hapus
  30. lega klo bgtu... jika aplikasi kita tidak lolos apakah pihak aminef memberikan konfirmasi atau tidak pak..? deg deg an ini nunggunya...

    BalasHapus
  31. adakah yang sudah terima balasan untuk interview ILEP 2014-2015

    BalasHapus
  32. Salam kenal. Saya tenaga pengajar di salah satu sekolah pondok pesantren duafa khusus
    orang yang tidak mampu.saya mengajar bahasa inggris kurang lebih lima tahun. Sekolah tempat saya mengajar adalah sekolah non formal. Apakah saya bisa melamar untuk.program ILEP? Thanks

    BalasHapus
  33. salam kenal. Original copy itu yang asli atau yang di scan? Soalnya mau saya pakai lagi buat seleksi yang tahun yang akan datang kalau gak lulus. trims.

    BalasHapus
  34. salam kenal. Original copy itu yang asli atau yang di scan? Soalnya mau saya pakai lagi buat seleksi yang tahun yang akan datang kalau gak lulus. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya, Original copy itu yang kita dapat dari penyelenggara ITP TOEFL nya mba. Mba bisa minta lagi original copy ke provider nya jika memang membutuhkannya, tentu dengan membayar biaya lagi.

      Hapus
  35. Berry sya dapat undangan interview dan test toefl bulan ini. Kira2 siapa aja yg interview nnti ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat,
      maaf saya baru liat komen nya, bagaimana hasil nya?

      Hapus
  36. Salam kenal pak Berry, apakah tutor kejar paket yang instansinya sudah mendapat ijin pendirian dan nilem dari dinas pendidikan diperbolehkan mengikuti program ilep? Dengan catatan waktu mengajar sudah terpenuhi selama 5 thn.
    Terima kasih sebelumnya atas responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf mas/mba, saya nggak bisa jawab, ada baiknya langsung tanyakan ke AMINEF
      Terimakasih

      Hapus
  37. Assalamu'alaikum Pak Berry,
    saya mau tanya untuk ijazah bahasa inggrisnya dilegalisir atau yang dilegalisir yang bahasa indonesianya? Lalu untuk TOEFL ITPnya, original copy itu berarti aslinya yang kecil itu ya Pak? Tidak legalisirannya? terimakasih banyak Pak Berry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikumsalam, seingat saya ijazah tidak dilampirkan pada saat pendaftaran. Saya menyerahkan ijazah pada waktu wawancara. Untuk amannya, ada baiknya Mba siapkan keduanya.

      TOEFL ITP yang dikirim yang original copy nya mba, yang kecil bukan legalisir nya.

      Terimakasih sudah berkunjung

      Sukses untuk aplikasinya

      Hapus
  38. terima kasih infonya pak...! Insyaallah saya apply juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sam-sama Pak Iwan,

      Sukses untuk aplikasinya. Saya doakan yang terbaik.

      Salam
      Berry

      Hapus
  39. Salam kenal pak berry...
    Saya tertarik sekali dengan program ILEP ini..saya guru smk,mengajar kimia tekstil (ex: dyeing process) menurut sepengetahuan bapak apakah saya bisa apply untuk program ini? Terima kasih..

    BalasHapus
  40. Salam kenal pak berry...
    Saya tertarik sekali dengan program ILEP ini..saya guru smk,mengajar kimia tekstil (ex: dyeing process) menurut sepengetahuan bapak apakah saya bisa apply untuk program ini? Terima kasih..

    BalasHapus
  41. Salam kenal Pak Berry. ILEP itu hanya utk guru SMA/sederajat, atau utk guru SMP jg? Thx.

    BalasHapus
  42. Halo Pak Berry. Saya seorang guru SMP mengajar bahasa inggris di sekolah swasta. Sekolah saya bi-lingual dan menerapkan dua jenis kurikulum yaitu internasional dan nasional kurikulum. Sejak 2015 sekolah memutuskan untuk merekrut lebih banyak tenaga lokal untuk mengantikan tenaga expatriate. Makanya para guru baru ini butuh pelatihan yang intensif dan pengenalan tentang kurikulum internasional. Pertanyaan saya apakah pihak ILEP mau melirik kandidat seperti saya yang mengajar di sekolah swasta yang muridnya berasal dari keluarga menengah ketas, mengingat semua penerima beasiswa ILEP berasal dari sekolah didaerah. Kami butuh sekali pelatihan dan peningkatan kemampuan mengajar di kelas. Mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Mas Andi,
      Salah satu persyaratan ILEP adalah guru mengajar di SMP atau SMA. Dari penjelasan mas andi, hemat saya tidak ada masalah. Yang penting adalah bagaimana Mas Andi bisa meyakinkan pihak penyelenggara melalui form aplikasi yg kuat.
      Terimakasih sudah mampir

      Hapus
  43. Saya coba download CV koq gak bisa?

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....