21 Okt 2020

Penggunaan Forum Diskusi Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Kritis Siswa

 

Penggunaan Forum Diskusi Pada Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Oleh : Berry Devanda, S.Pd, M.Ed

Peserta Pembatik level 4 Sumbar 2020

 

 

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu kecakapan utama yang dibutuhkan oleh manusia yang hidup pada abad 21 ini. Informasi yang sangat banyak beredar membuat manusia harus mampu memilah dan mengelompokannya. Jika tidak, maka semua informasi bisa saja terlihat benar.

Disisi lain, Pandemi Covid-19 merubah cara belajar pelajar. Sebagian besar proses pembelajaran saat in diselenggarakan secara online. Banyak platform pembelajaran online digunakan oleh pendidik untuk belajar dan berkomunikasi dengan siswanya.

Hanya saja, pembelajaran online dengan menggunakan LMS  akan bersifat teacher-centered jika tidak dirancang dengan baik. Selain itu, jika tidak dipersiapkan dengan baik, maka penggunaan LMS hanya akan menjadi tempat pengumpulan tugas saja.

Setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran online yaitu mengoptimalisasi forum diskusi, aktivitas kelompok kecil, meningkatkan kualitas sumber belajar dan refleksi.

Banyak penelitian yang menunjukan hubungan antara aktivitas pada forum diskusi online dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Forum diskusi online dapat dijadikan sarana untuk membentuk keterampilan berpikir kritis siswa dengan beberapa alasan (SY FooCL Quek). Pertama, forum diskusi online memberikan kesempatan kebebasan kepada siswa untuk berpartisipasi terutama dari sisi ruang dan waktu.  Kedua, kebebasan tersebut memberikan waktu kepada siswa untuk memberikan komentar terhadap pernyataan atau pertanyaan orang lain dan juga mendukung argumentnya menggunakan sumber-sumber lain.

Mengukur efektifitas forum diskusi online terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dapat menggunakan model Community of Inquiry (CoI) (Shea and Bidjerano (2010)). Berdasarkan model tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang membuat sebuah forum diskusi berjalan dengan efektif :



a.       Teaching presence

Kehadiran seorang guru dalam forum diskusi tersebut harus betul-betul dirasakan oleh siswa. Kehadiran guru dapat dirasakan oleh siswa jika sebuah forum diskusi dirancang dengan baik, terstruktur dan memiliki instruksi yang jelas. Kehadiran guru tersebut juga dapat dirasakan jika guru memberikan komentar langsung pada setiap komentar siswa yang ada pada forum diskusi online tersebut. Kehadiran guru juga diharapkan untuk memberikan panduan diskusi yang jelas kepada siswa.

__________________________________
Baca Juga :

__________________________________

b.      Tercipta interaksi sosial

Kualitas sebuah forum diskusi online sangat bergantung terhadap interaksi social yang tercipta (SY FooCL Quek) .Kualitas interaksi dala sebuah interaksi juga bergantung pada sejauh mana partisipan forum diskusi online tersebut mau berbagi pengetahuan terbaiknya terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Disamping itu, kualitas interaksi social di forum diskusi online dipengaruhi oleh sejauh mana siswa mampu menganalisis masalah yang sedang didiskusikan. Hal ini nanti akan mempengaruhi kualitas kongnitif yang akan didapatkan oleh siswa selama mengikuti diskusi.

c.       Proses kognitif

Ini meliputi proses berpikir siswa yang terjadi selama diskusi berlangsung. Kemampuan siswa dalam menganalisis pertanyaan dan memberikan respon yang sesuai adalah keterampilan yang diharapkan terus dilatih siswa selama proses diskusi berlangsung.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka berikut ini adalah langkah-langkah untunk penggunaan Forum Diskusi Online Rumah Belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa :

Teaching Presence

1. Merancang Forum Diskusi

Kemampuan guru merancang kegiatan siswa pada forum diskusi sangat menentukan dalam mencapai tujuan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Pada tahapan ini, guru mempertimbangkan banyak hal agar diskusi dapat berjalan dengan baik.

2. Tentukan Topik

Tahapan berikutnya adalah guru diminta untuk menentukan topik pembelajaran yang akan dijadikan isu utama dalam diskusi nantinya. Topik bisa saja berupa isu aktual seputar konsep yang sedang diajarkan, atau pertanyaan konsep yang membutuhkan analisis.

3. Tentukan Strategi

Pada tahapan ini, guru dapat memilih beberapa strategi diantaranya ada Debat, Bermain Peran dan Studi Kasus.

4. Tentukan waktu diskusi

Pada tahapan ini, guru hendaknya memberi batasan waktu agar tujuan tercapai dan siswa memiliki gambaran tentang berapa waktu yang mereka punya untuk mendiskusikan hal tersebut.

5. Pandu diskusi

Setelah diskusi berjalan, guru diharapkan dapat memandu dengan mengingatkan agar siswa tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan dan lain sebagainya.

6. Penegasan Soal Plagiarisme

Guru hendaknya memberikan penekanan pada kasus plagiarisme. Hal ini penting untuk membentuk karakter siswa untuk menghargai karya orang lain.


Social Presence

Interaksi sosial pada forum diskusi sangat diperlukan untuk melatih keterampilan berpikir siswa. Interaksi bisa saja antara guru dan siswa atau antara siswa dengan siswa. Diharapkan, siswa dapat belajar dari pengalaman interaksi mereka selama aktif dalam forum diskusi tersebut.

Gaya Interaksi Guru
Aspek penting dalam Social Presence adalah Gaya interaksi guru pada forum diskusi tersebut. Hal ini mencakup gaya guru dalam menyapa siswa, memulai pertanyaan dan memberikan komentar. Ucapan-ucapan remeh temeh seperti mengucapkan salam, terima kasih dan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi adalah hal-hal yang berdampak positif bagi perkembangan siswa. Hal tersebut dapat berkontribusi pada kepercayaan diri siswa dan keterlibatan siswa pada forum diskusi online tersebut.




Teknik Fasilitasi

Aspek penting lainnya adalah teknik fasilitasi. Pada tahapan ini, guru diharapkan mampu mengekplorasi kemampuan yang ada pada diri siswa dengan menggali lebih jauh jawaban yang diberikan siswa. Harapannya, siswa mau untuk memperdalam analisis dan mencari informasi lebih jauh tentang persoalan yang sedang didiskusikan.

Komentar Rekan Sejawat
Memberikan komentar kepada pernyataan atau jawaban teman, membuat siswa untuk membaca, mencerna dan menganalisis. Kegiatan ini secara tidak langsung mengajarkan siswa untuk berpikir. Pada saat yang sama, mereka juga belajar saling menghormati dan menghargai pendapat orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....