11 Mar 2010

BLOG SEBAGAI LABORATORIUM PENULISAN

Web Log atau Blog telah menjadi gaya hidup sebagian warga dunia termasuk Indonesia. Pada awalnya, tujuan pembuatan Blog hanya sebagai tempat curahan hati (diary) online pemiliknya. Namun, pada saat ini blog telah menjadi tempat penyebarluasan informasi berbagai segmentasi kehidupan. Blog telah berkembang pada beberapa tema besar. Diantaranya tema tentang teknologi informasi, internet, blogging, wanita, entertainment dan lain sebagainya. Semua tema dikemas dengan cara tersendiri oleh masing-masing pemiliknya.

Blog memungkinkan pemiliknya untuk menuliskan apa saja yang sedang terlintas dalam benaknya dan kemudian dibaca oleh banyak orang. Banyak orang yang tidak biasa menulis, menjadi sangat mahir bahkan mampu memberikan pengaruh pada banyak orang dengan tulisan-tulisannya.

Agar dapat update secara berkesinambungan, pemilik blog mau tidak mau harus menulis. Tulisan yang di post di blog tidak harus memenuhi kaidah penulisan baku. Semua pemilik memiliki kebebasan untuk menulis di blognya. Keinginan untuk terus update blog dan terus menulis, merupakan sebuah metoda latihan menulis yang sangat ampuh.

Dunia pendidikan mengenal istilah, Learning by doing. Nah, Blog adalah salah satu tempat untuk melatih kemampuan menulis dengan langsung mempraktekannya. Sambil terus menulis di blog, setidaknya pemilik blog telah melakukan prinsip-prinsip pembelajaran seperti, belajar dengan pengalaman langsung, berlatih terus menerus.
Disamping itu, salah sati kegiatan blogging yang banyak manfaatnya adalah blogwalking (BW). BW akan menambah referensi pemilik blog bagaimana gaya penulisan blogger lainnya. Oleh karena itu, Pantaslah untuk dikatakan Blog Sebagai Laboratorium Penulisan.

Itulah alasan mengapa blog ini dinamai Pen Lab. Pemilik blog ingin sekali membangun kemampuan menulisnya yang masih minim. Melalui blog ini, diharapkan kemampuan menulis yang punya blog dapat meningkat. Mohon dukungannya sobat.

Salam Pen Lab

23 komentar:

  1. Setuju mas, meski ya sekarang ini marak banget blog yang melulu orientasinya duit, unsur humaninya jg harus ada. Bagaimanapun yang membaca juga manusia kan? :)
    Oya ttg pertanyaan di blog saya, mas berry ada email yg bisa sy hubungi?

    BalasHapus
  2. senangnya punya blog itu, bisa menerbitkan tulisan kita kapanpun kita mau.. tanpa harus melalui prosedur yang rumit.. serasaaa jadi penulis beken gitu deh. hehhhhe

    BalasHapus
  3. Sudah pasti, insya Allah kemampuan menulis setiap blogger (asal konsisten) pasti akan terasah dengan baik ... dan benar hehehehe.

    BalasHapus
  4. saya dukung sob,,learnig by doing itu memang kita harus belajar melakukannya...

    BalasHapus
  5. Bener sobat...
    Kita sebagai praktikan, dan sahabat yang berkomentar sebagai pemeriksa hasilnya.

    BalasHapus
  6. Sangat setuju dengan artikelnya

    BalasHapus
  7. Bener banget, Mas... Blog jadi lab penulisan, wadah latihan mengolah kata-kata, dan langsung dipublish.
    Saya nyadar banget saya nggak bisa menulis puisi, cerpen, apalagi novel. Melalui blog, saya jadi belajar menulis hal2 yang lain saja :)

    BalasHapus
  8. Istilah yang menarik untuk blog sebagai laboratorium penulisan! Nice article!

    BalasHapus
  9. Sampai sejauh apa ya blog itu dieksplorasi. dari jurnal harian hingga duit online bulanan. blog memiliki kebebasannya sendiri.

    BalasHapus
  10. Sampai sejauh apa ya blog itu dieksplorasi. dari jurnal harian hingga duit online bulanan. blog memiliki kebebasannya sendiri.

    BalasHapus
  11. aku juga seneng punya blog, sekarang sih masih buat nulis-nulis biasa heheh, memang ngga harus indah dan bermutu, yang penting bisa membuat hati legaaaaa :D

    BalasHapus
  12. bener juga nihhh sobat... blog salah satunya tuk ajang kreativitas kita tuk memberikan / menyampaikan ilmu, info, rezeki dll yang terbaik dari kita untuk para sahabat kita semua yang berkunjung serta berkomentar.

    BalasHapus
  13. tapi ada juga blog yg cuma berisi photo-photo dengan keterangan sedikit.
    beberapa blog itu pernah buat kontes photo blog
    photonya keren2

    BalasHapus
  14. selam kenal.....wow blognya keren buanget nih, ini kunjungan perdana saya di tempat ini........btw, boleh tukeran linknya?

    BalasHapus
  15. selain sebagai laboratorium blog juga bisa berperan sebagai dapur.... gara-gara ngeblog suka motretin makanan, nulis resep ga penting, dsb...

    BalasHapus
  16. benul sekali..
    ngeblog bikin wawasan semakin luas..

    BalasHapus
  17. Nice posting sobat,sejak punya blog saya jadi kecanduan untuk menulis,kemudian dengan BW banyak menyuguhkan hal baru sehingga hidup jadi menarik dan wawasan bertambah.

    BalasHapus
  18. betul banget gan,cuma kurang jas lab aja kita :D

    BalasHapus
  19. Masuk ke lab lupa pakai jas lab nih...

    Waa...ternyata itu latarbelakang pemberian Nama Pen Lab ya bang
    hmm...bener banget blog sebagai laboratorium penulisan

    BalasHapus
  20. Honestly, I’m not — that’s not in the record, and the — how that pager works as far as deleting, I couldn’t be certain that it would be deleted forever.

    BalasHapus
  21. BTW, postingin juga atuh dan abstract / ringkasan paper Cipularang lo di sini…

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....