1 Des 2019

Tips Memilih Jurusan SNMPTN

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah kesempatan bagi siswa-siswi SMA/sederajat untuk menggapai cita-cita masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Proses seleksi pada SNMPTN menggunakan nilai rapor semester satu sampai lima untuk SLTA yang berdurasi selama tiga tahun dan nilai rapor satu sampai tujuh untuk SLTA yang berdurasi empat tahun. Selain nilai rapor, prestasi-prestasi lain yang relevan baik akademik maupun non akademik, menjadi pertimbangan penting dalam kelulusan seseorang pada SNMPTN.

Pada SNMPTN 2020, pendaftar dapat memilih dua program studi dalam satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau pada dua PTN. Berdasarkan pengalaman membantu sekolah mempersiapkan SNMPTN selama bertahun-tahun, berikut kami sampaikan Tips memilih jurusan SNMPTN yang mungkin bisa dijadikan salah satu referensi bagi pendaftar :

1. Lakukan riset terhadap jurusan pilihanmu
Walaupun banyak orang bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, namun pilihan program studi kamu pada saat kuliah sedikit banyak akan menentukan jalan hidup mu nantinya. Maka dari itu, pastikan pilihan program studi mu dengan cara mencari informasi sebanyak-banyak nya tentang apa saja nanti yang dipelajari saat kuliah?, Bagaimana suasana perkuliahannya? Dan yang tidak kalah penting, seperti apa nanti kemungkinan pekerjaan yang akan kalian geluti setelah menyelesaikan kuliah.
Lebih jauh, kamu perlu mencari informasi tentang penerimaan program studi tersebut pada jalur SNMPTN. Website SNMPTN menyediakan data jumlah daya tampung, jumlah pendaftar tahun lalu dan informasi penting lainnya. Jadikan data tersebut sebagai pertimbanganmu dalam memilih jurusan.

2. Sesuaikan minat dengan kemampuanmu
Setelah belajar selama beberapa tahun, kalian pasti sudah mempunyai gambaran tentang apa yang kalian suka.  Pada saat yang sama, kalian juga pasti dapat mengukur sejauh mana kemampuan akademik. Oleh karena itu, pastikan kalian realistis dalam memilih program studi pada SNMPTN.  Jangan sampai, kalian memilih program studi yang tidak sesuai dengan kemampuanmu.

________________________________
Baca juga :
_______________________________

3. Urutan Program Studi
Tempatkan program studi yang paling kalian inginkan pada pilihan pertama dan prioritas berikutnya pada pilihan kedua. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan tahapan seleksi SNMPTN yakni panitia terlebih dahulu akan menyeleksi pendaftar berdasarkan pilihan pertamanya. Jika tidak lulus pada pilihan pertama, baru akan diseleksi pada pilihan keduanya sesuai dengan pilihan daya tampung.

4. Kenali Kompetitor mu
Cari informasi sebanyak-banyaknya siapa saja teman-teman di sekolah kalian yang mengambil program studi yang sama. Jangan sampai program studi yang sama pada satu perguruan tinggi dipilih oleh banyak pendaftar di sekolah kalian. Hal ini akan memperbesar peluang untuk tidak lulus, apalagi jika nilai rapor kalian lebih rendah dari teman-teman tersebut. Apalagi jika untuk program studi favorit.

5. Pikirkan PTN lain
Jika memang banyak teman-teman di sekolah kalian yang memilih program studi yang sama dan nilai kalian dibawah nilai mereka, coba kalian pikirkan untuk mengambil program studi yang sama tapi pada perguruan tinggi berbeda. Mengingat kualitas transportasi negara kita yang semakin baik, tidak salah jika kalian mencoba PTN yang tidak berada di provinsi mu. Disamping itu, merantau akan memberikan pengalaman hidup yang berguna bagi kalian nantinya.

6. Pertimbangkan Posisi Sekolah mu
Pada SNMPTN 2020 ini, sekolah terakreditasi A dapat mendaftarkan 40% siswa nya, Akreditasi B 25% dan akreditasi C 5 %. Angka ini lebih sedikit dari tahun sebelumnya dimana sekolah Akreditasi A boleh mendaftarkan 50% terbaik siswanya. Meskipun nanti dinyatakan berhak untuk mendaftar SNMPTN, kalian harus mempertimbangkan posisi sekolah kalian karena Sekolah X yang berakreditasi A bisa tidak sama kualitasnya dengan Sekolah Y yang juga terakreditasi A. Pertimbangan lainnya bisa saja Sekolah X telah punya nama baik dari segi prestasi akademik maupun non akademik selama ini dibandingkan sekolah Y yang mungkin sama sama terakreditasi A. Jika sekolah kalian telah memiliki rekam jejak meluluskan siswa pada PTN terbaik, jangan ragu memilih program studi disana. Namun, jika tidak, kalian harus memilih program studi lain di PTN yang mungkin  lebih memiliki grade lebih rendah.

________________________________
Baca juga :
_______________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....