18 Mar 2010

Pulau Cubadak

Sekitar pukul 14.00 siang ini, tanpa perencanaan yang matang. Saya diajak oleh beberapa beberapa teman pergi ke suatu tempat yang sudah lama ingin saya kunjungi, Pulau Cubadak. Sebuah Pulau yang masuk kedalam gugusan pulau di kawasan wisata mandeh. Kawasan Wisata Mandeh adalah salah satu Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS). Dan pulau Cubadak adalah salah satu dari gugusan kawasan tersebut.

Walaupun saya tinggal hanya 3 Km dari tempat pelabuhan boat yang akan mengantar kita ke pulau tersebut, namun saya belum pernah menginjakan kaki di pulau tersebut. Hal ini disebabkan oleh, Pulau Cubadak telah dikontrak oleh Nani, seorang Eropa, saya lupa pasti negaranya, selama 30 tahun. dan telah berjalan kalau tidak salah baru 15 tahun. Sehingga, tidak semua orang yang bisa datang kesana, walaupun orang pribumi.

Perjalanan menuju pulau Cubadak, ditempuh lebih kurang 30 menit naik boat dari pelabuhan sederhana carocok Tarusan. Perjalanan ditempuh melewati laut yang terkurung oleh daratan, seperti teluk. Air lautnya sangat tenang.

Memasuki kawasan pulau cubadak, kami disuguhkan pemandangan dasar laut yang indah. Pada saat tersebut, air laut sedang surut, sehingga kami dapat menikmati terumbu karang dengan jelasnya. Salah satu potensi pulau cubadak ini adalah, pemandangan dasar lautnya yang indah.

Setelah turun dari boat tersebut, kami langsung berhadapan dengan cafe ditengah laut yang terhubung dengan hanggar. hmm, sangat menarik. ditambah lagi dengan ikan-ikan kecil yang sangat banyak berenang dibawah hanggar tersebut.

Berjalan memasuki hanggar, kami menginjakan kaki ke pasir Pulau Cubadak nan putih. Meminta izin ke penjaganya, bahwa kami hanya ingin menikmati indahnya pantai pulau tersebut. Pengelola nya mengizinkan. Sekedar informasi, jika tidak izin dulu, maka bisa-bisa anda langsung diusir oleh pengelola. tidak perduli orang yang tinggal dekat pulau itu sendiri. ya,,,,karena pulau tersebut telah di kuasai oleh bule tersebut selama 30 tahun.






















Cukup Banyak bule yang menikmati pulau tersebut ketika kami datang. Cottage yang disebelah selatan hampir semuanya berisi. kami memilih berjalan ke arah utara pulau sambil tak lupa mengambil gambar dengan pose-pose mencolok saking gembiranya.

Menurut Bapak yang mengemudikan boat, harga sewa cottage tersebut per malam mencapai Rp. 1.900.000,- untuk bule, dan Rp. 900.000,- untuk domestik. Hmm, jika anda ke sini, maka akan langsung dihidangkan dengan suasana back to nature. Cottage-Cottage dibangun dengan arsitektur tradisiona. Semuanya dari kayu lengkap dengan atap rumbianya. Semuanya dirancang alami. setiap Cottage langsung berhalamankan pantai dan laut. Jika anda ingin berjemur, langsung bisa dilakukan di depan cottage anda.

Untuk perjalanan boat menuju Pulau Cubadak, biasanya harga carterannya Rp. 150.000-Rp. 200.000,-. Jika anda berminat, bersegaralah Kemas barang-barang anda dan meluncur ke Pulau Cubadak. Oia, Cubadak adalah bahasa Minang dari Nangka.

42 komentar:

  1. Pulau Cubadak??? Wahhh... bagus banget pemandangannya...

    BalasHapus
  2. Bener Bro, coba deh maen ke sini

    BalasHapus
  3. indah nian sahabat pulaunya sayang sebenarnya aku suka travelling tapi nggak bisa jauh-jauh tahu sendiri kan guru paling libur 1 minggu, libur lama ya bulan ramadhan

    BalasHapus
  4. btw memangnya menurut sahabat dulu PR saya berapa , tolong beitahu emailnya sahabt aku mau kirim trik untuk anda penting

    BalasHapus
  5. Itu air lautnya kelihatannya masih bersih banget ya mas :)
    Indah banget.
    Trims atas infonya semoga saya ada kesempatan mengunjungi Sumbar pada umumnya :)

    BalasHapus
  6. Luar biasa mantap dan ... subhanallah. Sebagai anak pantai karena sedari kecil tinggal di tepi pantai, mengunjungi pulau2 akan membuat nostalgia saya terbangun. Kapan ya saya bisa ke Pulau Cubadak?

    BalasHapus
  7. Asik nian 'da Berry bisa ke cempedak eh salah... Pulau Cubadak.. beko lai jika Bundo Nakjadimande ajak aku kesana...
    Salam

    BalasHapus
  8. keren nih, bisa buat berlibur nih pulau
    kayaknya lebih OK dech kalo menjadi tujuan memancing

    BalasHapus
  9. nice post, for tourism object

    good luck master

    BalasHapus
  10. heh? udah dikontrak?
    Ckckck... kok nggak dikelola sendiri ya?
    Oiya ini blog saya yg baru :)

    BalasHapus
  11. Pulau cubadak? Daerah mana mas? Saya cari di artikelnya ga disebut masup propinsi mana ya?
    Keren banget pemandangannya, semoga ini bisa jadi daya tarik wisatawan andalan!

    BalasHapus
  12. asyik dong ya jalan2 mas.

    BalasHapus
  13. wah tempatnya kaynya indah banget... tadi saya pikir cibadak yang ada di bandung... jadi pingin mampir...

    BalasHapus
  14. Pulsau Cubadak sabana rancak. Pulau cubadak di Tarusan Kab. Pesisir Selatan Prov. Sumbar. 'Nagari awak juo tu mah'....
    Klu boleh tw, artikel tntng domain dot com dmna ya bg... Thank's

    BalasHapus
  15. Salam sobat,saya datang untuk bersilaturahmi,mohon izin jadi followers.Bukankah pulau cubadak terletak di propinsi sumbar? mohon maaf saya tidak tau, saya orang pariaman, yang sekarang berdomisili di payakumbuh.

    BalasHapus
  16. Terima kasih sobat telah mampir ke gubukku,senang bisa berkenalan dengan anda, menyimak dari ceritanya, tentang pulau cubadak membuatku tertarik berkunjung kesana.

    BalasHapus
  17. lho tinggal di padang ya?
    dakek ma rumahnyo da?
    di pondok?
    air manis?

    awak dulu kos di Andaleh dakek stasiun

    tadi malam juga ada di tv tentang keindahan Cubadak

    BalasHapus
  18. bikin quiz di blog ini yang berhadian wisata ke pulau cubadak ajah...

    BalasHapus
  19. wauaauauaw keren sekali pemandangannya

    BalasHapus
  20. Bercita-cita keliling Indonnesia seperti Kang alamendah ini :)

    BalasHapus
  21. Sepertinya masih alami sekali ya suasananya. Justru bangga saya, ada seorang eropa yang jauh2 ke indonesia demi ini. Oh ya ini di propinsi mana ya? maklum org jauh, gak pernah tau :)

    BalasHapus
  22. bagusss.. mau ke situ deh..
    :p

    BalasHapus
  23. pagi mas berry..
    wah belum apdet mas? ^_^
    met aktivitas ya.

    BalasHapus
  24. wah kayaknya asik., jadi pingin ke sana.. .

    BalasHapus
  25. Pulau cubadak, bagus banget, saya udah liat foto-fotonya dari Bos saya yang bule

    tapi ada satu kekecewaan dari pulau ini, apa lagi saya orang asli padang, ga bisa kesana.
    waktu itu pernah saya hanya pernah ngaterin dan jemput bos saya yang bule itu.
    masak saya dibilang orang lokal jadi ga boleh kesan hanya bule yang bisa kesana, Sakit hati pa ga? kayak kita ga punya uang aja, Padahal tu pulau juga punya org indonesia.

    BalasHapus
  26. On the Cubdak island, there is absolutely no particular dressing code ! Yet if you plan to visit villages, cities or markets… it is recommended to avoid sleeveless tops or mini skirts for the ladies. Men should always be wearing a T-Shirt or similar.

    BalasHapus
  27. Other times we just sat our verandah, enjoying the views and/or reading a good book. One afternoon, when the tide was low, we ventured to the other side of the island, just to see what was there. Another time, we joined a group of trekkers and we were taken to the top of Mount Cubadak, a very steep mini-mountain, which was challenging to climb. Once at the top, however, we were rewarded with an incredible view of the surrounding islands. There is always something to do, but if you wish to do nothing but relax, that's okay, too.

    BalasHapus
  28. a very steep mini-mountain, which was challenging to climb. Once at the top, however, we were rewarded with an incredible view of the surrounding islands.

    BalasHapus
  29. masak saya dibilang orang lokal jadi ga boleh kesan hanya bule yang bisa kesana, Sakit hati pa ga? kayak kita ga punya uang aja, Padahal tu pulau juga punya org indonesia.

    BalasHapus
  30. well if you want to hang on your own private beach in the middle of nowhere with a bunch of rich other tourists, sure it looks great. It is afterall all inclusive so you wouldn't have to go anywhere else for meals etc. Those prices are probably perfectly reasonable in the greater scheme of things, just seem pricey for back of beyond west sumatra. I can tell you the surf tourists on the boats out to Mentawais pay more than that and they get much less comfort.

    BalasHapus
  31. kalau dari padang,,pas udah nyampe di tempat penyeberangan,, butuh biaya berapa untuk 10 orang ??( cat: pulang pergi)
    dijawab y mas....thank's

    BalasHapus
  32. wah kayaknya asik., jadi pingin ke sana.. .

    BalasHapus
  33. kalo rame2 carter aja ya sekitar 150-200 kebetulan saya org sana,biasanya ongkos boat /org 5000 cm boatnya susah kalau hari biasa kecuali hari selasa,karna pasarnya hari selasa makanya boatnya mayan banyak yang keluar dari desa seberang pulau cubadak..tp kalo mau nginap di sana selama 3 hari biasanya itu di jemput dari bandara pk mobil ke pelabuhan carocok trus nyampe sana mereka jg sediain speedboat jadi ga perlu carter boat warga di sana....info lebih lanjut mending baca di websitenya pulau cubadak "cubadak paradiso village"

    semoga infonya membantu:)

    BalasHapus
  34. Saya mau kesana... ada nggak trip yang paket 1 day trip ( datang pagi pulang sore ... jika ada berapa harganya ? Terima kasih

    BalasHapus
  35. Great post.. I think you've hit the nail on the head with this one!!

    BalasHapus
  36. Sudah lama sekali ingin berkunjung kedaerah ini.
    Selain dengan pantai dan pulau nya yang Indah. Ada juga perbukitannya yang sungguh menakjubkan, yaitu Langkisau.. Semoga saja bisa berwisata kesini. Aamiin.

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....