21 Okt 2020

Vlog Inovasi Pemanfaatan Forum Diskusi Rumah Belajar

Proses pembuatan Vlog ini merujuk pada pengetahuan yang saya dapatkan selama menjadi Peserta Pembatik level 3. Terdapat tiga tahapan dalam mengerjakan Vlog ini yaitu, Pra Praduksi, Produksi dan Pasca Produksi. 

Tahapan Pra Produksi dimulai dengan melakukan riset tentang inovasi yang akan dibagi dan mempersiapkan materi Vlog. Setelah mempersiapkan materi, maka saya mulai mengerjakan vlog. Tahapan pengerjaan vlog dimulai dengan mengerjakan script yang akan saya sampaikan pada vlog tersebut. Pengerjaan Vlog ini sudah lama tertunda karena kesibukan kegiatan berbagi peserta level 4. Setelah menemukan waktu yang tepat, saya langsung mengeksekusi pembuatan Vlog tersebut.


Pengambilan gambar dilakukan selama dua hari. Hari pertama digunakan untuk mengambil pengantar dari Vlog tersebut. Untuk memenuhi keinginan para tutor dalam sesi pra coaching yang menginginkan Vlog bersifat documentary, saya menggunakan Tongsis untuk mengambil gambar. Saya mengambil gambar di sekolah yang dalam suasana sepi.


Pada hari berikutnya saya mengambil gambar untuk menjelaskan langkah-langkah yang harus dikerjakan guru agar Forum Diskusi Online pada Portal Rumah Belajar tersebut dapat efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penjelasan lebih lanjut tentang hal tersebut dapat ditemukan pada tulisan saya sebelum ini yaitu Penggunaan Forum Diskusi Rumah Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Tahapan berikutnya adalah Pasca Produksi. Pada tahapan ini saya menggunakan software video editing untuk merangkai beberapa video yang sudah diambil. Saya juga memasukan teks, gambar dan musik ke dalam video para tahapan ini.

Seteleh selesai, saya mengupload ke Youtube dan membaginya ke sosial media yang saya punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....