10 Okt 2009

Rumah Belajar

 Hallo Sobat Semua,

Pada Laman ini, teman-teman bisa saksikan cerita saya seputar Penggunaan Rumah Belajar dalam pembelajaran dan pengalaman saya mengikuti kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.


Hayuk disimak

_________________________________

Sejak dulu, saya berusaha mengevaluasi diri sebagai narasumber disetiap kegiatan yang saya ikuti. Hal ini bertujuan agar saya dapat terus memperbaiki diri. Saya juga belajar menerima saran dari orang lain untuk perbaikan diri kedepannya.

Begitu juga selama pelaksanaan Pembatik Level 4 ini. Saya menggunakan Google Form untuk mengevaluasi kinerja saya sebagai narasumber. Sebagai tambahan, saya juga meminta testimoni para peserta tentang diri saya sebagai Narasumber. Saya sengaja untuk tidak menampilkan nama peserta selama memberikan testimoni karena ingin menjaga agar mereka merasa bebas dan merdeka untuk memberikan testimoni.

_________________________________


Hallo teman-teman semua,

Apa kabar?

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang proses berbagi inovasi yang sudah saya lakukan sebagai peserta Pembatik Level 4. Setelah melakukan proses berbagi inovasi penggunaan Rumah Belajar selama dua hari, maka saya kembali menyelenggarakan proses berbagi dengan guru SMAN 1 Koto XI Tarusan pada hari Jumat/9 Oktober 2020. Kegiatan diselenggarakan di Labor Komputer 1 SMAN 1 Koto XI Tarusan.


_______________________________

Vlog Inovasi Pemanfaatan Forum Diskusi Rumah Belajar

Proses pembuatan Vlog ini merujuk pada pengetahuan yang saya dapatkan selama menjadi Peserta Pembatik level 3. Terdapat tiga tahapan dalam mengerjakan Vlog ini yaitu, Pra Praduksi, Produksi dan Pasca Produksi. 

Tahapan Pra Produksi dimulai dengan melakukan riset tentang inovasi yang akan dibagi dan mempersiapkan materi Vlog. Setelah mempersiapkan materi, maka saya mulai mengerjakan vlog. Tahapan pengerjaan vlog dimulai dengan mengerjakan script yang akan saya sampaikan pada vlog tersebut. Pengerjaan Vlog ini sudah lama tertunda karena kesibukan kegiatan berbagi peserta level 4. Setelah menemukan waktu yang tepat, saya langsung mengeksekusi pembuatan Vlog tersebut.

_______________________________

Penggunaan Forum Diskusi Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Kritis Siswa

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu kecakapan utama yang dibutuhkan oleh manusia yang hidup pada abad 21 ini. Informasi yang sangat banyak beredar membuat manusia harus mampu memilah dan mengelompokannya. Jika tidak, maka semua informasi bisa saja terlihat benar.

Disisi lain, Pandemi Covid-19 merubah cara belajar pelajar. Sebagian besar proses pembelajaran saat in diselenggarakan secara online. Banyak platform pembelajaran online digunakan oleh pendidik untuk belajar dan berkomunikasi dengan siswanya.

_______________________________

Memenuhi Undangan SMAN 1 Painan

Kepala SMAN 1 Painan menghubungi kami untuk dapat berbagi di SMAN 1 Painan tentang bagaimana upaya mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMAN 1 Painan. Saya menyanggupi kegiatan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk membekalli para guru bagaimana cara menggunakan Sicadiak Pandai dalam masa Pandemi ini. Kegiatan direncanakan akan dilangsungkan selama dua hari dalam bentuk Bimbingan Teknis pada tanggal 16-17 Oktober 2020.

_______________________________

Berbagi Inovasi Penggunaan Rumah Belajar (Hari 3)

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang proses berbagi inovasi yang sudah saya lakukan sebagai peserta Pembatik Level 4. Setelah melakukan proses berbagi inovasi penggunaan Rumah Belajar selama dua hari, maka saya kembali menyelenggarakan proses berbagi dengan guru SMAN 1 Koto XI Tarusan pada hari Jumat/9 Oktober 2020. Kegiatan diselenggarakan di Labor Komputer 1 SMAN 1 Koto XI Tarusan.

_______________________________

Berbagi peran dengan SRB dan DRB se-Indonesia (7 dan 12 Oktober 2020) pada kegiatan NGOPI PAHIT

Beberapa saat setelah kegiatan pra coaching Pembatik Level 4 di Sumatera Barat, saya diajak untuk ikut berkolaborasi dengan banyak Sahabat Rumah Belajar (SRB) dari seluruh Indonesia untuk terlibat dalam kegiatan NGOPI PAHIT, Ngobrol Inspiratif Paling Hits. Kegiatan ini sebenarnya diinisiasi oleh Duta Rumah dari beberapa provinsi. Kegiatan ini bertujuan untuk membagi pengalaman luar biasa yang dirasakan oleh para DRB terbaik dari seluruh Indonesia.

_______________________________

Sehubungan dengan aktivitas saya saya saat ini sebagai peserta Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Level 4, maka saya perlu mendokumentasikan seluruh kegiatan tersebut dalam satu laman. Laman tersebut diberi nama "Rumah Belajar". Laman tersebut berisi kumpulan tulisan di blog ini tentang aktivitas tersebut. Tujuannya adalah untuk memudahkan Pembaca menemukan semua tulisan didalam satu tema.

_______________________________

Silaturahmi dengan Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat

Pada hari ini saya ingin membagikan pengalaman bersilaturahmi dengan Bapak Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan diri sebagai peserta Pembatik Level 4 dari Sumatera Barat. 

_________________________________

Berbagi Inovasi Penggunaan Rumah Belajar (Hari 2)

Kegiatan berbagi inovasi saya sebagai peserta Pembatik Level 4 kembali dilakukan di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Pada pertemuan kedua ini, saya dan rekan Pembatik Level 4 dari sekolah yang sama kembali membimbing rekan-rekan guru untuk mempersiapkan portal Sicadiak Pandai nya untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa Pandemi ini.

Kegiatan persiapan dilakukan dengan menyebar flyer di group WA sekolah dan sosial media. Persiapan juga dilakukan dengan mempersiapkan ruangan pelatihan, yaitu Labor I Komputer SMAN 1 Koto XI Tarusan. Kita juga mempersiapkan daftar hadir peserta dan presentasi.

_________________________________

Sosialisasi Rumah Belajar Terhadap Kacabdindik Kabupaten Pesisir Selatan

Ketika mengikuti kegiatan Maota Lamak yang diselenggarakan oleh Duta Rumah Belajar (DRB) dan Sahabat Rumah Belajar (SRB) Sumatera Barat, saya mendapatkan pengetahuan yang sangat berharga agar pekerjaan berbagi inovasi selama menjadi peserta Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) 2020 ini dapat berjalan sukses. Salah satu usaha adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan pengambil kebijakan.

_________________________________

Berbagi Inovasi Penggunaan Rumah Belajar (Hari 1)

Apa Kabar? Pada postingan kali ini, saya akan membagikan pengalaman berbagi inovasi dengan kawan-kawan semua. Ini merupakan rangkaian kegiatan Peserta Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) level 4. Kegiatan berbagi saya dimulai di tempat saya mengajar SMAN 1 Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Mari simak ceritanya.

Kegiatan berbagi ini dimulai dengan melakukan persiapan pelaksanaan. Persiapan dimulai dengan menentukan tema, tanggal dan tempat pelaksanaan. Saya berkolaborasi dengan rekan sesama peserta Pembatik Level 4 dari SMAN 1 Koto XI Tarusan, Bapak H. Juli Arsismen Sari, S.Pd. Setelah berdiskusi panjang, akhirnya kami memutuskan pada tahap pertama ini, kami akan kembali mereviu penggunaan portal Rumah Belajar, khususnya Sicadiak Pandai di SMAN 1 Koto XI Tarusan. 

_________________________________

Souvenir Rumah Belajar

Mengikuti kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) adalah usaha sadar saya untuk meningkatkan keterampilan mengajar menggunakan TIK. Sampai pada level 4 ini merupakan sebuah kesempatan bagi saya untuk terus mengembangkan diri. Selain itu, saya juga ingin mengambil peran untuk berbagi praktik baik yang sudah pernah saya lakukan kepada rekan-rekan guru lainnya.

_________________________________

Tips Menulis Artikel

Dalam rangka semangat berbagi dengan teman-teman peserta Pembelajaran berbasis TIK (Pembatik) Level 4 Sumatera Barat, saya pada tanggal 29 September 2020 berkesempatan berbagi. Kegiatan ini berawal ketika di Group WA Peserta Level 4 Pembatik Sumbar terjadi diskusi tentang kolaborasi sesama peserta. Diskusi kemudian menjurus pada tahapan berbagi sesama peserta asal Sumatera Barat. 

Setelah disepakati waktu, masing-masing peserta menyampaikan kesanggupannya untuk berbagi apa saja yang mereka nyaman membaginya. Beberapa teman meminta saya untuk berbagi tentang tips menulis terutama mengelola blog dan kontennya. Saya menyanggupi dan mempersiapkan materinya berupa power point.

_________________________________

Fokus Pengembangan Keterampilan Guru Mengajar Online

Halo semua,

Apa kabar? Pada kesempatan ini saya akan membagi tulisan saya yang dimuat pada Harian Padang Ekspress (Group Jawa Pos) pada hari Sabtu/26 September 2020. Tulisan ini adalah sebagai salah satu upaya saya untuk memenuhi salah satu tugas Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Level 4 yang sedang saya ikuti. Kegiatan Pembatik Level 4 diselenggarakan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbud yang fokus pada pengembangan keterampilan guru dalam menggunakan TIK pada pembelajaran. Tulisan ini awalnya berjudul "Fokus Pengembangan Keterampilan Guru Mengajar Online". Redaksi melakukan penyesuaian judul menjadi "Kembangkan SDM Guru"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....