21 Jan 2013

INTERNATIONAL LEADER IN EDUCATION PROGRAM (ILEP) Part 2

Berikut adalah sambungan dari posting saya sebelumnya INTERNATIONAL LEADER IN EDUCATION PROGRAM (ILEP). Pada kesempatan ini saya akan menyajikan apa saja bentuk kegiatan yang akan dilakukan selama menjadi ILEP Fellow dan sekilas tentang ILEP 2013 yang sedang saya ikuti saat ini.

Bentuk Kegiatan
Jika anda nantinya terpilih setelah melalui seleksi, maka anda akan mendapatkan kesempatan besar untuk mengikuti kegiatan sebagai berikut :

1.  Pre Departure Training  (PDO)
Peserta yang terpilih akan  menjalani training sebelum keberangkatan (PDO) di negara masing-masing, dalam hal ini tentu Jakarta. Segala macam bentuk kegiatan sebelum keberangkatan, termasuk pendaftaran, seleksi (wawancara dan TOEFL) dilaksanakan oleh The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Saya menjalani PDO selama 2 hari di Jakarta pada bulan November 2012 yang lalu. 

  1. Welcome Program  
Semua peserta ILEP 2013 akan mengikuti Welcome Program di Washington DC ketika menginjakan kaki di USA. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dan diikuti oleh seluruh peserta ILEP dari seluruh dunia. Pada kegiatan ini, peserta dibekali pengetahuan tentang kemampuan komunikasi sosio cultural, Kepemimpinan,  sistem pendidikan Amerika dan tren inovasi dalam proses pembelajaran, terutama di kota penempatan masing-masing peserta. Dan yang paling seru adalah kegiatan Pameran Kebudayaan. Pada kegiatan ini peserta dari masing-masing negara menampilkan kebudayaan mereka pada masing-masing stand yang telah disediakan.

            3. Kuliah di Universitas yang ditentukan
      Semua peserta ILEP 2013 akan di tempatkan di 1 dari 5 buah Universitas yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Amerika Serikat. Semua peserta akan ditempatkan secara acak tanpa mempertimbangkan negara asal peserta. Selama di Universitas yang telah ditetapkan tersebut, peserta akan mengikuti 2 sampai 4 mata kuliah. Mata kuliah yang akan diikuti telah dirancang khusus dan fokus pada metodologi pembelajaran terbaru, membangun kepemimpinan guru, penyusunan RPP (lesson Plan) dan strategi-strategi pembelajaran. Disamping itu, peserta juga diperbolehkan mengikuti perkuliahan untuk memperdalam pengetahuan pada bidang ilmu yang mereka ampu. Khusus saya ditempatkan di Arizona State University (ASU), Phoenix Arizona. Saya merasa beruntung ditempatkan di Universitas ini. Hal itu karena dari lima universitas penyelenggaran tahun ini, ASU adalah yang paling besar dan terbaik.

4.  Diskusi Kelompok
Sebagai bagian dari kegiatan ILEP 2013, semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan Universitas penempatan. Dengan dibantu oleh supervisor dari Universitas tersebut, peserta diharuskan membuat Modul Pengembangan Profesionalisme Guru, sesuai dengan topik yang dipilih oleh masing-masing peserta. Tujuan pembuatan modul tersebut adalah untuk mendukung peserta sekembalinya ke komunitas masing-masing dalam usaha menjadi Guru Pemimpin (Teacher Leader). Juga untuk membantu peserta untuk membagi pengalaman dengan koleganya di negara masing-masing.

5.  Praktek Lapangan di Sekolah (Internship)
Semua peserta akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Sekolah yang ditunjuk oleh Universitas penempatan. Peserta akan diberi kesempatan untuk melakukan observasi dan mengajar di sekolah menengah Amerika Serikat. Hal ini sama dengan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa S1 Kependidikan di Indonesia. Pengalaman lapangan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang menyeluruh tentang sistem pendidikan Amerika Serikat, khususnya pengalaman mengajar di sekolah Amerika. Universitas akan memasangkan masing-masing peserta dengan seorang guru sekolah menengah Amerika (mata pelajaran yang sama), yang akan membantu peserta mengenal sekolah, siswa, guru, ruang kelas, laboratorium dan sebagainya. Selama proses ini berlangsung, peserta akan berkesempatan menambah pengetahuannya dari hari ke hari tentang sistem pendidikan Amerika Serikat, pengelolaan sekolah, berpartisipasi dalam pertemuan guru dan event sekolah, observasi dan komparasi proses pengajaran terbaik dan berkolaborasi dengan guru pamong dalam hal pembelajaran di ruang kelas. Selain itu, peserta dan guru pamong juga berkesempatan mencoba metoda pembelajaran baru di ruang kelas. Pengalaman ini akan menjadi hal yang sangat berharga bagi peserta maupun Negara masing-masing. Saya ditempatkan di Phoenix Bio-Science High School. Saya akan ceritan hal ini dilain kesempatan pada anda.

6. End of Program Workshop
Setelah semua program dijalankan di masing-masing universitas yang ditunjuk, semua peserta kembali berkumpul di Washington DC. Selama kegiatan ini, semua peserta diwajibkan untuk mempresentasikan modul yang telah dibuat di universitas penempatan. Disamping itu, peserta akan menerima training sebagai Alumni ILEP dan merumuskan tujuan Teacher Leadership ketika kembali ke komunitas masing-masing di setiap negara peserta. Semenjak tahun 2009, alumni ILEP diberi kesempatan untuk memperebutkan Small Grant sebesar $5,000 sebagai biaya penerapan project di negara masing-masing.

ILEP 2013
Saya merasa beruntung sekali bisa menjadi salah satu peserta dari Indonesia untuk mengikuti kegiatan ILEP 2013 ini. Pada tahun 2013 ini terpilih 75 orang dari seluruh dunia. Indonesia pada tahun ini mendapat kuota 9 orang. Adapun Universitas pelaksana tahun ini adalah, Arizona State University (ASU), Clemson University South Carolina, The College of Saint Rose New York, James Madison University Virginia dan Kent State University Ohio. Saya dan 14 orang lainnya ditempatkan di Arizona State University (ASU).

Demikian penjelasan saya tentang program yang sedang saya ikuti. Mudah-mudahan anda mendapatkan sedikit pengetahuan tentangnya. Mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak ada salahnya anda sebagai guru juga mencoba untuk terlibat. Saya berencana untuk menuliskan panduan pengisian aplikasinya. Mohon ingatkan saya jika pendaftaran untuk tahun 2014 telah dibuka. Pendaftaran ILEP biasanya di mulai awal tahun sampai pertengahan April setiap tahunnya. Tulisan saya diatas sebagian merupakan pengalaman saya mengikuti proses seleksi sampai minggu ketiga saya di Amerika Serikat. Kedepannya mungkin terdapat beberapa perubahan dalam pendaftaran maupun pelaksanaan ILEP. Anda dapat mencari informasinya pada website yang menjadi sumber saya dalam menulis tulisan ini.

Silahkan tinggalkan komen di bawah,
Salam Berry Devanda

Sumber : 

9 komentar:

  1. Sayang, saya bukan guru..
    ^_^

    BalasHapus
  2. saya ikut wawancara ILEP 2x mas, tahun 2010 dan tahun 2011. dan hebatnya belum lolos juga untuk terbang ke washington.. hehe.. selamat belajar, mas berry. selalu bagi ilmunya.

    BalasHapus
  3. bagaimana trik untuk dapat lolos wawancara ILEP?

    BalasHapus
  4. Saya seorang guru dari propinsi Aceh. Akhir may 2013 ini saya mendapat undangan untuk mengikuti wawancara dan test TOEFL ITP untuk program ILEP dari AMINEF. yang ingin saya tanyakan berdasarkan pengalaman Bapak, apa saja pertanyaan dalam wawancara ILEP. Bantuan Bapak akan sangat berguan bagi saya

    Terima Kasih

    BalasHapus
  5. Pak berry bagaimana pengalaman bapak sebagai PNS dalam mendapat ijin belajar non degree

    BalasHapus
  6. wah info yang menarik banget nih gan
    sangat menarik banget nih
    terima kasih banyak,sukses terus

    BalasHapus
  7. ijin nyimak infonya gan
    sangat menarik dan bermanfaat nih
    terima kasih banyak,sukses terus

    BalasHapus
  8. sangat menarik infonya
    dan bermanfaat sekali
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  9. sangat menarik sekali
    dan bermanfaat sekali
    thanks

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....