20 Mei 2013

TIPS Mengikuti Wawancara ILEP

Selamat buat anda aplikan ILEP yang dipanggil buat wawancara dan TOEFL test di Jakarta. Seperti yang saya posting sebelumnya, International Leader In Education Program (ILEP) adalah sebuah program kaya ilmu bagi pengembangan profesionalisme guru. Saya akan menuliskan pengalaman saya mengikuti wawancara ILEP tahun 2012 yang lalu. Pastinya proses wawancara setiap orang berbeda. Pertanyaannya yang diajukan mungkin berbeda  antara peserta yang satu dengan yang lainnya. Namun, tentu saja ada pertanyaan dasar yang diajukan oleh pewawancara.

Menurut saya, proses wawancara adalah kesempatan bagi kita yang di wawancara untuk memperkuat apa saja yang yang sudah ditulis dalam form aplikasi, menambahkan hal positif lainnya, menunjukan kalau kita adalah orang yang tepat untuk mengikuti program tersebut. Mengingat proses wawancara yang penting, maka orang-orang yang siaplah yang akan dipertimbangkan. Proses wawancara ILEP yang saya ikuti tahun lalu berjalan kurang lebih 30 menit. Namun, tentu saja ada persiapan dan tahapan lainnya yang harus dilalui. Berikut saya tuliskan tahapan tersebut, semuanya berdasarkan pengalaman saya pribadi :

Pra Wawancara
Setelah menerima email pemberitahuan dari Aminef, saya membalas email tersebut dan menyatakan kesediaan untuk mengikuti kegiatan wawancara dan Test TOEFL di Jakarta selama 2 hari. Pada masa ini, komunikasi dengan pihak Aminef sangat perlu. Untuk itu, anda harus selalu mengecek email. Pengalaman saya dulu, pihak Aminef akan bertanya tentang kesediaan, berapa biaya dari tempat tinggal menuju bandara dan kemudian menginformasikan tempat menginap dan berlangsungnya wawancara di Jakarta. Semua biaya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara. Anda pun akan diberikan alamat hotel berikut cara untuk mencapainya.

Setelah semua administrasi selesai anda lalui, saatnya untuk mempersiapkan mental. Pastikan semua isian aplikasi yang anda isi anda baca ulang kembali. Pertanyaan seperti informasi sekolah (No. 11), pengalaman mengajar yang yang anda anggap paling sukses (No. 23), Kegiatan anda sehari-hari mulai dari datang sampai pulang dari sekolah (No. 26), Statement of purposes (No. 27) merupakan pertanyaan yang ditanyakan pada saya waktu wawancara berlangsung. Sepertinya anda juga akan mendapat pertanyaan mengenai Girls  Education (No. 25) sesuai dengan essay yang anda buat pada aplikasi. Bukan berarti pertanyaan yang lain tidak mungkin ditanyakan. Yang pasti, anda harus siap dengan apa yang anda ditulis di form aplikasi.

Saya menyiapkan catatan kecil tentang semua pertanyaan tersebut berikut jawabannya. Tujuannya agar saya dapat menguasai apa yang telah saya tulis di form aplikasi. Saya juga berlatih bertanya dan menjawab sendiri tentang prediksi pertanyaan yang sudah saya buat listnya seperti diatas. Jika mau, anda bisa meminta bantuan orang lain untuk berperan sebagai pewawancara. Selain pertanyaan tentang aplikasi yang sudah diisi, saya juga ditanya tentang pertanyaan bawaan berdasarkan jawaban saya. Maksudnya, berdasarkan jawaban yang saya berikan untuk tiap-tiap pertanyaan, akan ada pertanyaan spontan dari pewawancara menyangkut jawaban saya tersebut.

Selain itu, saya ditanya tentang bagaimana anda bisa bertahan hidup dalam masyarakat international? Seberapa yakin saya dengan jawaban tersebut sementara saya tidak pernah tinggal di luar negeri dalam waktu yang cukup lama? Bagaimana kiat saya untuk menyiasati cuaca, makanan dan budaya jika berangkat nanti? Ada baiknya anda siapkan jawabannya se-meyakinkan mungkin. Ada baiknya juga anda mencari data tambahan tentang Amerika, kenapa Amerika layak dijadikan tempat belajar dan sebagainya. Coba cari data tentang bagaimana posisi sistem pendidikan Amerika saat ini, Human Development Index (HDI) nya dan data pendukung lainnya. Jangan lupa dibandingkan dengan posisi Indonesia saat ini. Sampai pada kesimpulan bahwa anda memang perlu dan harus mengikuti kegiatan ini. Menurut saya, dengan memiliki pengetahuan seperti itu menunjukan bahwa anda telah melakukan persiapan serius.

Proses wawancara ILEP dan TOEFL test berlangsung selama 2 hari. Tahun lalu seluruh peserta wawancara yang berjumlah 20 sampai 30 orang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Pada hari pertama, kelompok pertama akan mengikuti wawancara dan kelompok kedua mengikuti TOEFL Test. Hari kedua, kelompok pertama akan mengikuti TOEFL test dan Kelompok kedua mengikuti wawancara.


Pada Saat Wawancara
Setelah nama saya dipanggil oleh staff Aminef, saya menemukan 3 orang pewawancara. Jadi, total dalam ruangan tersebut terdapat 5 orang. 3 pewawancara, 1 orang staff Aminef yang akan memimpin wawancara dan 1 orang lagi tentu anda sendiri. Komposisi pewawancara tersebut adalah 1 orang dari kedutaan Amerika Serikat (Bule), 2 orang dari alumni fulbright dan program sejenisnya. Masing-masing mereka akan bertanya dalam bahasa inggris. Berdasarkan pengalaman saya, porsi pertanyaan mereka sepertinya sudah diatur sebelumnya.

Diawal wawancara Staff Aminef akan meminta anda untuk memperkenal diri secara singkat. Selanjutnya proses tanya jawab akan mengalir begitu saja, sampai saya tidak menyadari kalau saya sudah sampai pada pertanyaan terakhir. Deg-deg an menjelang nama dipanggil itu pasti, normal menurut saya. Setelah sampai di dalam ruangan dan menyelesaikan pertanyaan pertama, saya mulai menikmati proses tanya jawab tersebut. Saya mengeluarkan data-data yang saya punya. Melihat wajah pewawancara yang senyum melihat jawaban-jawaban yang dilontarkan, saya semakin bersemangat untuk bertanya jawab dengan mereka.

Proses wawancara berlangsung dengan fleksibel. Banyak tawa yang saya rasakan di dalam ruangan wawancara. Semua itu tergantung anda menyikapi proses tersebut. Menurut saya, proses wawancara itu tidak se-horor yang saya bayangkan sebelumnya. Nervousnya paling 10 menit pertama, setelah itu akan mengalir dengan mudah.


Setelah Wawancara
Setelah wawancara ada dua kemungkinan, Jika anda wawancara di hari pertama, maka anda bisa balik ke hotel atau refreshing sebentar keliling Jakarta dan melanjutkan test TOEFL keesokan harinya. Jika anda wawancara di hari kedua, berarti anda langsung bawa barang bawaan anda ke Bandara dan pulang.

Pihak Aminef akan memberitahukan hasil wawancara tersebut melalui email lebih kurang satu sampai 2 bulan berikutnya. Hasil wawancara tersebut berupa list nominasi yang harus dikirim ke Washington DC. Pihak penyelenggara di Washington DC akan kembali menyeleksi dan menentukan siapa yang layak mengikuti kegiatan berdasarkan Kuota yang disediakan untuk Indonesia.

Berdasarkan informasi yang saya terima pada Presentasi terakhir di Washington DC kemaren, peserta ILEP tahun depan menjadi 64 orang dari seluruh dunia. Berkurang sebanyak 11 orang dari 75 orang pada saat keikutsertaan saya tahun ini. Mereka akan ditempatkan di 4 Universitas berbeda di Amerika. Berarti akan ada 16 orang di setiap universitas tersebut. Sedikit berbeda dengan tahun ini yang menyediakan 5 Host University.

Tips Dari Saya
Wawancara adalah proses normal dari sebuah seleksi. Justru dengan wawancara lah anda dapat memperkuat posisi anda sebagai kandidat ILEPers 2014. Bersyukurlah anda jika diberikan kesempatan untuk menunjukan kemampuan anda pada proses wawancara tersebut. Jangan sia-siakan kesempatan. Selagi masih ada waktu, siapkan dan berlatih untuk menghadapinya. Kuasa aplikasi yang anda kirim dan buatlah para pewawancara tersenyum puas dengan jawaban-jawaban "cetar membahana" dari anda (hehehe). Setelah selesai wawancara, kembalilah pada kehidupan anda semula, mengajar dan aktivitas lainnya. Lupakan semua yang sudah anda lalui karena anda berjuang untuk itu. Jangan terlalu dipikirkan mengenai hasilnya. Berhasil atau tidak pasti ada pelajaran yang di dapat.

Sukses untuk anda semua, Keep in touch

Salam Berry Devanda

13 komentar:

  1. thanks pak berry! finally permintaan sy di acc juga hehe. smoga sgala urusan di usa dimudahkan Alloh dan segera kembali dan mengabdi lagi di sekolah asal. sharing diatas sudah cukup lengkap, tp sy ingin tahu kuota ILEPers tahun lalu ada berapa orang ya pak? kemudian utk akomodasi tahun lalu dicover Aminef apa tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun lalu peserta ILEP dari seluruh dunia 75 orang. 9 Orang dari Indonesia. Maksud bu Dini akomodasi yang wawancara dan Test TOEFL? Semuanya dibiayai oleh Aminef nantinya.
      Semoga sukses ya bu

      Hapus
  2. berry, alhamdulillah...aku ma Jil dari papua dah dpet notifikasi sebagai nominee. trus proses gmana lagi ya?? thanxa lot!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah, Selamat Bu Marini. Tinggal berdoa saja bu, mudah-mudahan pihak penyelenggara di DC bisa menyetujui semua nominee yang dikirim Aminef. Jumlahnya tergantung kuota untuk Indonesia tahun ini.

      Sukses untuk Bu Marini, mudah2an bisa berangkat Januari nanti.

      Salam

      Hapus
  3. tips dan info yang bagus terimakasih kak...

    BalasHapus
  4. Pak Berry, saya mau mengikuti seleksi peserta ILEP dari Kalteng tapi belum tes TOEFL terbaru, apa sertifikat TOEFl harus dikirim beserta aplikasi?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu, original copy TOEFL ITP nya harus dikirim bersamaan dengan berkas aplikasinya.

      Sukses untuk aplikasinya

      Hapus
  5. Salam kenal Pak Berry, saya dari Kalbar. Saya dapat artikel bapak dari bu Marini dan Dini, keduanya alumni ILEP. Hari ini saya dapat surat panggilan wawancara, membaca blog Bapak dan Dini membuat saya termotivasi meskipun dingin dan gemetarnya tangan masih terasa. Alhamdulillah saya bisa menggunakannya untuk persiapan diri saya. Terima kasih atas informasi detil yg telah diberikan pak.

    BalasHapus
  6. thanks infonya pak... alhamdulillah say adi panggil wawancara mudah mudahan bisa lolos... dan again... Thanks infonya Pak...
    wish me luck..!

    Iwan

    BalasHapus
  7. pak iwan dipanggil wawancaranya tanggal berapa? sudah ada notifikasi lanjutan blm dari pihak aminef. saya dipanggil wawancara jg unk tanggal 9 juni tp koq blm ada notifikasi lanjutan sampe sekarang yah. ismi

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum pak Berry. Saya Dina guru dari Dengar, propinsi Riau. Berencana untuk ikut program ILEP tahun 2017 keberangkatan 2018. Saya ingin bantuan dan saran2 bapak mengenai program ini. Adakah email atau WA bapak yang bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum pak Berry. Saya Dina guru dari Dengar, propinsi Riau. Berencana untuk ikut program ILEP tahun 2017 keberangkatan 2018. Saya ingin bantuan dan saran2 bapak mengenai program ini. Adakah email atau WA bapak yang bisa saya hubungi?

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....