21 Jan 2013

INTERNATIONAL LEADER IN EDUCATION PROGRAM (ILEP)


Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang program yang sedang saya ikuti saat ini. Sebuah program yang telah dan akan memberikan banyak kesempatan untuk saya meningkatkan kapasitas pribadi maupun sebagai seorang guru. Saya menulis ini pada minggu ketiga saya di Amerika Serikat. Tiga minggu berlalu terasa banyak sekali hal baru yang saya dapatkan. Beberapa diantaranya adalah pengalaman kuliah di kampus besar, Arizona State University (ASU), hidup satu apartemen dengan kawan-kawan dari beberapa negara dan banyak lagi yang lainnya. Mengingat saya mendapatkan kesempatan yang begitu berharga dari program ini, maka saya ingin membagi hal tersebut dengan anda melalui tulisan ini.

Sekilas Tentang ILEP

International Leader in EducationProgram (ILEP) adalah sebuah program pengembangan profesionalisme guru tingkat dunia. ILEP merupakan sebuah program dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Serikat (Bureau of Educational and Cultural Affairs of the US Department of State) dan dikelola oleh IREX, sebuah lembaga non profit internasional yang berpusat di Washington DC. Tujuan ILEP ini adalah untuk meningkatkan keahlian guru pada subjek mereka masing-masing,  meningkatkan kemampuan mengajar dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang Amerika Serikat. Semua peserta ILEP akan belajar mengenai metodologi mengajar terbaru, kepemimpinan guru, merancang rencana pembelajaran dan strategi mengajar.

Semenjak tahun 2006, ILEP telah diikuti oleh 394 guru yang berasal dari 20 negara di seluruh dunia. Khusus untuk Indonesia, 50 orang guru telah mengikuti kegiatan ILEP ini. Adapun negara-negara yang telah mengikuti kegiatan ini adalah negara berkembang seperti, Algeria, Bangladesh, Brazil, Ecuador, Egypt, Ghana, India, Indonesia, Jordan, Kenya, Lebanon, Malaysia, Marocco, Peru, Philipines, Senegal, South Africa, Uganda, Tunisia dan Venezuela (Sumber : IREX).  Program ini berlangsung selama 1 semester akademik (1 long semester) di Amerika Serikat. Para peserta akan disebar ke beberapa universitas di Amerika dan menghabiskan waktu mereka disana selama 1 semester

Eligibility
Adapun persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini adalah :
1. Guru pada sekolah menengah (SMP, SMA dan SMK) yang telah memiliki pengalaman mengajar selama 5 tahun pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Science (Fisika, Kimia, Biologi), Social Studies (Guru IPS)
2. Penduduk dari negara berikut Bangladesh, Brazil, Egypt, Ghana, India, Indonesia, Kenya, Lebanon, Malaysia, Morocco, Philippines, Senegal, Uganda.
3. Memiliki kemampuan berbahasa inggris, dalam hal ini TOEFL
Kriteria diatas dapat berubah setiap tahun. Misalnya, negara yang dibolehkan berpartisipasi dan bentuk tes TOEFL yang diminta.  Untuk Indonesia, pada tahun keikutsertaan saya (ILEP 2013) TOEFL yang diminta adalah ITP TOEFL 500. Pada tahun sebelumnya, 2012, yang diminta iBT TOEFL. So, anda harus memperhatikan persyaratan yang diminta.

Dimana Saya mendapatkan formulir ILEP?
Anda dapat mendownload formulir ILEP pada website AMINEF

Apa Saja Yang akan Anda Dapatkan Jika Terpilih?
Jika anda terpilih sebagai ILEP Fellow, maka anda berhak  akan banyak hal. Saya copykan untuk anda dari Website IREX :
• J-1 visa support;
• A pre-departure orientation held in participant’s home country;
• Round-trip airfare to and within the U.S.;
• A Welcome Orientation in Washington, DC;
• Academic program fees;
• Housing (generally shared with other program fellows);
• Accident and sickness medical insurance coverage (does not cover pre-existing conditions);
• Transportation to the U.S. field experience school (if necessary);
• A technology allowance;
• A daily allowance for meals and incidentals during the university academic program;
• A book/professional development allowance;
• A baggage/shipping allowance;
• A Closing Workshop in Washington, DC; and
• The opportunity to apply for alumni small grants.

Bersambung ....

Ingin tau tentang bentuk kegiatan apa saja yang akan anda lakukan selama ILEP berlangsung? Klik  INTERNATIONAL LEADER IN EDUCATION PROGRAM (ILEP) Part 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....