8 Nov 2020

Narasumber Tips dan Trik Pembuatan Blog

Walaupun kegiatan penilaian Pembatik Level 4 sudah berakhir beberapa minggu yang lalu, Saya tetap terlibat dalam berbagi. Salah satunya adalah dengan menjadi Narasumber pada kegiatan Teh Talua adalah kegiatan yang diinisiasi oleh salah seorang Tutor Pembatik Level 4 Sumatera Barat, Bapak Amar Nugraha dari Pusdatin Kemdikbud. Teh Talua sendiri merupakan singkatan dari "Temu Hangat Sahabat Rumah Belajar Sumatera Barat"

Pertamuan pertama Teh Talua yang direncanakan akan hadir beberapa sesi ini menyajikan tema Tips dan Trik Pembuatan Vlog dan Blog. Sesi ini menghadirkan beberapa orang Keynote Speaker yaitu Dr. Harizal, M.Pd (PTP Pusdatin Kemendikbud RI), Suindra, S.Pd, MM (Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar), Ali Akbar, S.H, M.Pd (Kepala UPTD Baltekkomdik Sumbar) dan Nursyamsi, M.Pd (DRB Sumbar 2018). Saya sendiri dipercaya oleh teman-teman Sahabat Rumah Belajar (SRB) Sumbar untuk menjadi Narasumber pada sesi pertama ini bersama dengan Bapak Asy Syaukani, SS dari SMKN 1 Solok.

Kegiatan persiapan dimulai dengan diskusi di Group WA tentang siapa yang harus mengerjakan flyer, promosi dan gladi bersih. Pada kegiatan Gladi Bersih tersebut, kami berlatih untuk menjalankan kegiatan Teh Talua ini dengan baik. Kegiatan Gladi bersih diselenggarakan satu hari sebelum hari-H.

Persiapan saya sebagai narasumber dimulai dengan kembali melakukan riset tentang tips dan trik pembuatan blog. Saya mencari lagi jawaban pertanyaan-pertanyaan seperti kenapa harus nge-blog? Bagaimana masa depan blog? Hasil pencarian saya tersebut saya refleksikan terhadap pengalaman nge-blog semenjak tahun 2006. Kombinasi pengetahuan dan pengalaman tersebut saya tuangkan kedalam powerpoint presentasi yang kemudian saya tampilkan pada kegiatan Teh Talua tersebut.

Presentasi saya mulai dengan menjawab pertanyaan Kenapa harus nge-blog? jawaban pertanyaan ini saya utamakan bagi guru, tentang apa manfaat dan dampaknya. Kemudian, saya lanjutkan dengan langkah-langkah pembuatan blog menggunakan platform blogspot. Setelah itu, saya fokus pada tips bagi blogger pemula. Pada sesi ini, saya membagikan pengalaman menulis diawal-awal masa saya mulai nge-blog. Presentasi saya tutup dengan memberikan tips ketika tersendat dalam menulis konten blog atau artikel.

Pelaksanaan Teh Talua sesi pertama ini dilaksanakan pada hari Kamis, 6 November 2020. Ditengah aktivitas yang pada sebagai Wakil Kurikulum di SMAN 1 Koto XI Tarusan, saya tetap berkomitmen untuk ikut berbagi pada kegiatan ini. Kegiatan dimulai dengan presentasi dari Keynote Speaker. Setelah itu, saya diberi kesempatan untuk presentasi. Presentasi berlangsung lebih kurang 20 menit. Saya juga menjawab beberapa pertanyaan dari peserta diakhir sesi.

Pengalaman menjadi narasumber pada kegiatan ini menjadikan saya lebih percaya diri. Saya juga merasakan kepuasan ketika peserta banyak bertanya tentang apa yang saya sampaikan selama presentasi. Kegiatan ini secara tidak langsung menempatkan saya sebagai guru yang mampu berkontribusi terhadap aplikasi blog di Sumatera Barat.

Berikut ini adalah beberapa foto dokumentasi kegiatan Teh Talua :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....