8 Nov 2020

Tips Bagi Blogger Pemula

Manfaat blog yang saya rasakan sangat banyak. Blog membantu saya untuk belajar menulis. Saya senang ketika pembaca memberikan komentar pada tulisan yang saya post. Komentar positif membuat saya menjadi semakin percaya diri, sedangkan komentar negatif membuat saya memotivasi saya untuk menjadi lebih baik. Selain itu, blog ini membuat saya terus berlatih untuk meningkatkan keterampilan saya dalam membuat essai atau artikel. Beruntungnya, hal ini membantu saya untuk berkembang dalam karir saya sebagai guru. Keterampilan membuat essai dan artikel tersebut mengantarkan saya untuk mendapatkan beberapa program prestisius seperti International Leader in Education Program (ILEP) dan Australia Award.

__________________________________
Baca Juga :
__________________________________

Oleh karena itu, saya ingin berbagi tentang apa saja Tips Bagi Blogger Pemula

 


Tulis sesuai dengan bidang dan tema yang disukai

Dulu saya memaksakan diri untuk menulis semua hal, namun sekarang saya menyadari bahwa saya tidak bisa melakukan itu. Karena motivasi nge-blog saya adalah untuk berlatih menulis, maka saya akan kesulitan untuk menulis diluar bidang saya. Oleh karena itu, akan lebih nyaman jika saya menulis bidang saya dan apa yang saya sukai. Hal ini juga untuk menjaga motivasi menulis saya agar tidak mudah patah ditengah jalan.

Baca Tulisan Orang Lain dan Pelajari

Maksudnya disini adalah dengan membaca aktif. Pada saat membaca tulisan orang lain tersebut, perhatikan detil tulisan tersebut. Pelajari bagaimana penulis tersebut membuka tulisan pada paragraf pertama. Lihat juga bagaimana ia menghubungkan paragraf satu dengan lainnya. Lebih spesifik, perhatikan alur tulisannya dari awal sampai akhir.

Coba menulis sesuatu berdasarkan kebutuhan pembaca

Menempatkan diri sebagai pembaca membuat kita dapat menuliskan apa yang menjadi kebutuhannya. Hal ini bertujuan agar tulisan kita menjadi lebih bermanfaat dan betul-betul dibutuhkan oleh pembaca. Biasanya, jika kita menulis sesuai bidang, kita dapat dengan mudah menemukan kebutuhan pembaca.

Tambahkan gambar (visual) pada tulisan

Banyak dipahami bahwa gambar pada tulisan membuat tulisan menjadi lebih menarik. Tambahkan gambar yang relevan dengan tulisan anda agar tulisan menjadi lebih enak untuk dibaca. Gunakan gambar atau icon yang tersedia gratis di beberapa platform penyedia gambar dan icon.

Buat judul menarik

Judul adalah hal yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Oleh karena itu, ini pintu masuk untuk mengundang pembaca. Jika anda ingin mencari pembaca dari mesin pencari, buat judul yang ramah akan mesin pencari. Posisikan diri anda sebagai orang yang akan mencari informasi pada search engine dengan mengetikan kata kunci tertentu. Buat judul tulisan anda sesuai dengan kata kunci tersebut.

Terus menulis

Keterampilan menulis akan meningkat ketika kita terus berlatih. Kekurangan yang terdapat pada tulisan yang sudah dihasilkan, jadikan pelajaran untuk membuat tulisan berikutnya menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....