21 Okt 2010

Fenomena Halo Matahari

Hari ini, tanggal 21 Oktober 2010 ada fenomena alam menarik. Tepatnya jam 10.00 terjadi lingkaran pelangi di sekitar matahari. Peristiwa ini dikenal dengan Fenomena Halo Matahari. Pada dasarnya fenomena ini adalah kejadian alam biasa. Namun, menjadi luar biasa karena saat ini, Sumatera Barat, khususnya kota Padang kembali diresahkan dengan isu akan terjadinya gempa yang sangat besar.


















Sudah dapat ditebak, bahwa fenomena alam ini akan dihubung-hubungkan dengan isu gempa tersebut. Karena, tidak lama setelah gempa besar tanggal 30 September 2009 yang lalu, entah kebetulan atau memang ada hubungannya, fenomena munculnya pelangi mengelilingi matahari ini juga terjadi.



















Fenomena hallo merupakan gejala fisika biasa. Hal ini terjadi karena kristal air yang terbawa oleh awan. Jika sudut biasnya tepat Cahaya matahari yang mengenai kristal tersebut akan terurai menjadi warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Atau yang lebih dikenal dengan warna pelangi.



















Fenomena Halo Matahari adalah peristiwa alam yang sangat lumrah terjadi dan dapat terjadi dimana saja di belahan bumi. Jadi tidak ada hubungannya dengan bencana.





















Salam Berry Devanda

6 komentar:

  1. Wah,,sayang sekali saya gak melihat kejadian tersebut.btw dapat dari sini kok

    BalasHapus
  2. sayang bana Bang, ndi cm bisa lihat di tv. itu pun cm sabanta berita'y..

    BalasHapus
  3. Fenomena Halo, pertama kali saya melihatnya tgl 3 Oktober 2009 setelah gempa besar di Padang dulu terjadi juga sekitar jam 11 an. Saat itu peristiwa ini sempat menambah panic warga Padang, apalagi sedang tengah berduka. Setahun kemudian tepatnya tgl 21 Oktober 2010 fenomena ini terjadi lg di Padang.

    Menurut saya perlu publikasi kalo peristiwa ini merupakan pembiasaan cahaya yang terjadi biasanya stlh hujan untuk menghindari dugaan yang macam2, bahkan ada yg mengatakan itu pertanda gempa. Padahal gk ad kaitannya sama sekali.

    BalasHapus
  4. mantap... dapat pelajaran fisika nih :)

    BalasHapus
  5. Menurut saya itu hal biasa SObat, apa ada sambungannya antara fenomena matahari dengan gempa. Gempa itu khan dari bumi yaitu tanah, sedangkan fenomena matahari seperti diatas adalah pembiasan air.

    Cukup heboh...:)

    BalasHapus
  6. Mmm fenomena ini benarkan dibuktikan secara scientifik atau hanya kebetulan saja?

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....