12 Okt 2020

Berbagi peran dengan SRB dan DRB se-Indonesia (7 dan 12 Oktober 2020) pada kegiatan NGOPI PAHIT

Beberapa saat setelah kegiatan pra coaching Pembatik Level 4 di Sumatera Barat, saya diajak untuk ikut berkolaborasi dengan banyak Sahabat Rumah Belajar (SRB) dari seluruh Indonesia untuk terlibat dalam kegiatan NGOPI PAHIT, Ngobrol Inspiratif Paling Hits. Kegiatan ini sebenarnya diinisiasi oleh Duta Rumah dari beberapa provinsi. Kegiatan ini bertujuan untuk membagi pengalaman luar biasa yang dirasakan oleh para DRB terbaik dari seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dimulai dengan rapat persiapan pada tanggal 5 Oktober 2020. Pada kegiatan yang dipimpin oleh beberapa DRB dari beberapa provinsi, kami para SRB diminta kesediaan untuk mengambil beberapa peran dalam kegiatan tersebut sebagai Host, Moderator maupun yang membuat flyer. 
pada pertemuan tersebut, saya menawarkan diri untuk menjadi Host pada kegiatan pertama tersebut yang menghadirkan DRB terkreatif dari tiga tahun berbeda yaitu tahun 2017, 2018 dan 2019. Pada kegiatan tersebut, Host bertanggungjawab untuk membuka kegiatan, mengenalkan narasumber dan moderator, memimpin sesi tanya jawab, memimpin sesi kuis, polling dan menutup kegiatan
Menjadi host pada kegiatan yang jumlah pesertanya lebih dari 200 orang secara virtual merupakan pengalaman berharga bagi saya. Saya mempersiapkan diri dengan baik dengan mencari tahu CV narasumber dan moderator. Saya melakukannya dengan mengontak mereka secara pribadi.

Kegiatan berikutnya adalah mempersiapkan materi dengan menuliskan percakapan yang akan saya sampaikan pada setiap sesi. Saya berlatih sebelum kegiatan dimulai. Walaupun siangnya saya memiliki agenda yang padat, saya sempatkan untuk melatih diri. 

Kegiatan dimulai dengan gladi bersih sore harinya kemudian dilanjutkan dengan kegiatan NGOPI PAHIT pada pukul 18.30 WIB. Kegiatna ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Diluar dugaan, kegiatan dihadiri oleh peserta lebih dari 200 orang. Saya belajar banyak pada kegiatan ini sebagai host. Saya juga merasa kepercayaan diri meningkat setelah menjadi host kegiatan ini.

Kegiatan NGOPI PAHIT ketiga, saya dipercaya untuk mengambil peran sebagai moderator. Pada sesi ini, dihadirkan tiga DRB terbaik dari tahun berbeda. Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Pusdatin. Pada kegiatan ini, saya merasakan kembali pengalaman berbeda bertanya kepada narasumber dan membawa kegiatan tersebut menjadi lebih hidup. 




Kegiatan NGOPI PAHIT ketiga ini dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2020 pukul 18.30 WIB. Kegiatan ini kembali dimulai dengan Gladi Bersih. namun sebelum itu, saya sudah mencari tahu CV Narasumber yang akan saya wawancara yaitu Bapak Jarnawi, DRB terbaik 2019 yang juga merupakan DRB Bengkulu 2019. 

Kegiatan dimulai oleh moderator dan kemudian diserahkan kepada kami moderator. Saya kembali memanfaatkan ini untuk kembali menambahkan pengalaman. Diluar aktivitas sebagai moderator, salah satu hal yang saya syukuri dari kegiatan ini adalah saya dapat menjalin komunikasi dengan banyak SRB dan DRB yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....