2 Okt 2020

Berbagi Inovasi Penggunaan Rumah Belajar (Hari 1)

 Hallo Semua, 

Apa Kabar? Pada postingan kali ini, saya akan membagikan pengalaman berbagi inovasi dengan kawan-kawan semua. Ini merupakan rangkaian kegiatan Peserta Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) level 4. Kegiatan berbagi saya dimulai di tempat saya mengajar SMAN 1 Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Mari simak ceritanya.

Kegiatan berbagi ini dimulai dengan melakukan persiapan pelaksanaan. Persiapan dimulai dengan menentukan tema, tanggal dan tempat pelaksanaan. Saya berkolaborasi dengan rekan sesama peserta Pembatik Level 4 dari SMAN 1 Koto XI Tarusan, Bapak H. Juli Arsismen Sari, S.Pd. Setelah berdiskusi panjang, akhirnya kami memutuskan pada tahap pertama ini, kami akan kembali mereviu penggunaan portal Rumah Belajar, khususnya Sicadiak Pandai di SMAN 1 Koto XI Tarusan. 

__________________________________
Baca Juga :
__________________________________

Setelah melakukan evaluasi terhadap penggunaan Portal Sicadiak Pandai di SMAN 1 Koto XI Tarusan, kami membagi presentasi kami menjadi dua. Rekan saya tersebut fokus melaporkan perkembangan penggunaan portal tersebut di SMAN 1 Koto XI Tarusan, sedangkan saya akan fokus pada menggunakan e-modul untuk mengoptimalkan penggunaan Portal Sicadiak Pandai. Hal ini didasari atau evaluasi yang sudah dilakukan, bahwa sebagian besar guru belum dapat aktif menggunakan portal Sicadiak Pandai, karena mereka belum mengisi portal tersebut dengan bahan ajar dan aktivitas pembelajaran.

Kami juga membagi tugas dalam kegiatan ini. Saya kebetulan mendapat tugas untuk membuat flyer dan menyiapkan absensi, sedangkan rekan saya menyiapkan tempat.


Setelah flyer selesai dibuat, saya menyebar flyer tersebut di Group WA sekolah. Setelah itu, saya juga menyebarluaskan flyer tersebut di seluruh platform sosial media yang saya punya. Tanggapan dari rekan-rekan di sosial media sangat baik. 

Kegiatan dilaksanakan mulai Jam 08.00 WIB. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan video 30 Peserta Pembatik Level 4, Sumatera Barat



Setelah selesai menyaksikan video tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari rekan saya tentang laporan perkembangan penggunaan Portal Rumah Belajar khususnya Sicadiak Pandai. Laporan perkembangan tersebut dimulai dengan aktivitas penggunaan Sicadiak Pandai oleh guru dan siswa SMAN 1 Koto XI Tarusan.


Kegiatan dilanjutkan dengan proses pembimbingan kawan-kawan guru. Sebagian kawan guru masih perlu pembimbingan dalam membuat akun dari nol, sedangkan sebagian lainnya sudah punya akun tapi belum mengisi aktivitas pembelajaran. 

Peserta sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Saya membimbing Bapak/Ibu untuk mengisi aktivitas pembelajaran dengan e-modul yang sesuai dengan Kurikulum Kondisi Khusus dan dirilis oleh Kemdikbud.

Tak lupa, diakhir kegiatan saya meminta rekan-rekan guru untuk memberikan umpan balik terhadap kegiatan yang dilakukan hari tersebut. Saya juga meminta evaluasi terhadap apa yang saya sampaikan menggunakan google Form.

Berikut ini adalah dokumentasi, daftar hadir dan testimoni rekan-rekan peserta









1 komentar:

  1. Look for fundamental mixtures like pairs, three of a sort and 4 of a sort. This is a simple method to safe a powerful hand and win some play cash to boost your bankroll. Once you get used to using the following tips in your free play approach, you'll do them naturally in actual money games. The Wizard endorses these 3 casinos to play Video Poker for actual money. 토토사이트 Wolf Run Eclipse™ features new progressive prizes and a Wheel Bonus.

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....