17 Okt 2020

Memenuhi Undangan SMAN 1 Painan (16-17 Oktober 2020)

 Kepala SMAN 1 Painan menghubungi kami untuk dapat berbagi di SMAN 1 Painan tentang bagaimana upaya mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMAN 1 Painan. Saya menyanggupi kegiatan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk membekalli para guru bagaimana cara menggunakan Sicadiak Pandai dalam masa Pandemi ini. Kegiatan direncanakan akan dilangsungkan selama dua hari dalam bentuk Bimbingan Teknis pada tanggal 16-17 Oktober 2020.


Sehari sebelum pelaksanaan flyer kegiatan sudah beredar di sosial media. Kegiatan akan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Bapak Mahyan, S.Pd, MM. Beberapa hari sebelumnya, kami sudah melakukan pengecekan Akun Sicadiak Pandai SMAN 1 Painan. Pada gambar dibawah terlihat bahwa akun tersebut sudah ada namun baru diisi oleh satu guru, satu kelas dan satu orang siswa.


Tepat sebelum jam 08.00 WIB, kami sudah berada di lokasi SMAN 1 Painan. Kami sempatkan untuk berfoto di lapangan sekolah tersebut sebelum menuju ruangan Kepala Sekolah.
Kegiatan dibuka oleh Kacabdindik Wilayah VII dan mengapresiasi kegiatan ini agar sekolah lebih bisa mengoptimalkan PJJ agar siswa mendapat layanan maksimal selama Pandemi ini.
Kemudian Bapak Kacabdindik juga berharap bahwa kedepan kita lebih mengutamakan mutu, sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan dapat ditingkatkan.

Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan melakukan pembuatan akun guru SMAN 1 Painan. Pada sesi sebelum sholat jumat ini, saya memandu rekan-rekan guru SMAN 1 Painan untuk membuat akun dengan mengisi biodata pada Portal Sicadiak Pandai yang merupakan portal khusus Rumah Belajar bagi Guru dan Siswa di Sumatera Barat.

Alhamdulilah, kegiatan pembuatan akun ini berjalan dengan baik. Para guru SMAN 1 Painan dapat mengikutinya dengan semangat dan cepat. 

Kegiatan ini dilanjutkan setelah jumat dengan membuat kelas Maya. Guru diminta untuk membuat kelas sesuai dengan kelas yang diampunya. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Para guru dengan bersemangat mengerjakannya.
Salah satu hal baik yang dapat saya bagikan adalah, bahwa para guru SMAN 1 Painan sangat bersemangat menjalani aktivitas Bimtek ini. hal ini terbukti dengan fokusnya mereka dengan jalan Bimtek. Terlihat juga bahwa sebagian besar mereka tidak terganggu dengan aktivitas selain seperti membuka WA dan lain sebagainya. Sangat patut untuk ditiru.



Aktivitas Bimtek kembali dilanjutkan keesokan harinya Sabtu/17 Oktober 2020.

Pada gambar dibawah dapat dilihat aktivitas penggunaan Sicadiak pandai sudah meningkatkan sangat signifikan. Jika diawal Bimtek hanya satu orang guru, kelas dan siswa yang ada pada akun SMAN 1 Painan. Hari ini kedua siang, sudah terjadi peningkatan siginifikan.

Pada hari kedua, saya fokus mengajak guru untuk mengundang siswa masuk kedalam kelas maya yang sudah dirancang guru. Kemudian, para peserta Bimtek juga diajarkan bagaimana cara menambahkan tugas dan kuis.




Pada sesi siang, peserta diajak untuk mengenal salah satu fitur yang sangat powerful yaitu Forum Diskusi. Pada forum diskusi ini, guru dapat berinteraksi dengan siswa dengan menanyakan pertanyaan yang dapat membuat siswa untuk berpikir dan menganalis. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa.


Kegiatan Bimtek berjalan dengan sangat baik dan sesuai rencana. Saya tidak lupa untuk meminta guru untuk memberikan testimoni dan mengevaluasi aktivitas saya sebagai narasumber hari tersebut menggunakan Google Form




Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Kacabdindik dan Kepala SMAN 1 Painan atas kepercayaan yang diberikan. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan dan daftar hadir








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....