15 Des 2010

Menangkal Godaan Facebook, Twitter dan Forum Internet

Tak dapat dinyana lagi, jejaring sosial begitu mempesona banyak orang beberapa tahun terakhir ini. Tidak hanya di Indonesia, melainkan dibeberapa negara besar dan maju lainnya. Setidaknya terdapat 500 juta orang pengguna Facebook di dunia saat ini. Semuanya memanfaatkan jasa jejaring sosial facebook dengan berbagai macam alasan dan tujuan. Ada yang bertujuan untuk mencari teman dan sebaliknya ada juga yang mencari musuh.

Disamping itu juga ada yang memanfaatkan facebook untuk ajang aktualisasi diri, ajang alay-alay an dan lain sebagainya. Disamping punya tujuan yang serius, pengguna facebook atau jejaring sosial lainnya juga punya tujuan yang gak jelas.

Penetrasi jejaring sosial semakin dalam setelah perangkat mobile juga memuat aplikasi mereka. Sehingga, everytime, everywhere pengguna bisa mengaksesnya.

Hampir sama dengan Jejaring sosial, Forum-forum internet pun juga menyita perhatian. pengakuan dan penghargaan dari pengguna perhatian lainnya juga menjadi keharusan. Sehingga, keharusan tersebut menjadikan saya lupa akan misi utama sebelumnya. yaitu, memanfaatkan Pen Lab, sebagai laboratorium Penulisan pribadi saya sebagai kendaraan untuk mengejar mimpi-mimpi lama yang mash tertunda (jiaaahhh).

Berbagai cara telah saya coba untuk menangkal besarya godaan dari Facebook, Twitter dan Forum Internet tersebut. diantaranya adalah "

1. Saya kembali meyakini bahwa Jejaring Sosial dan forum internet hanyalah salah satu pelengkap bukan yang utama dalam pencapaian tujuan awal, yaitu memperbaiki kemampuan menulis.

2. Saya kembali meyakini bahwa Jejaring sosial dan forum internet adalah salah satu cara untuk menyebarluaskan apa-apa yang telah ditulis. Harapan untuk dibaca oleh banyak orang sangat mungkin jika tulisan yang ada pada blog ini juga dipromosikan di jejaring sosial dan forum internet. Jadi jejaring sosial dan forum internet hanya sebagai alat, bukan tujuan.

3. Kembali membuat aturan bagi diri sendiri lagi, bahwa menulis adalah sebuah keharusan pada kondisi kekinian. "Menulislah 30 Menit Sehari" sebuah artikel pendek yang saya tulis lebih dari setahun yang lalu, sebagai pelecut diri sendiri untuk mampu memberikan ruang dan waktu untuk kegiatan menulis setiap harinya.

4. Menggebukan lagi semangat untuk menulis di media massa, hanya sekedar untuk mengaktualisasikan diri atau tujuan yang lebih besar.

Walau bagaimanapun, Godaan Facebook, Twitter dan Forum Internet memang besar, tetapi saya mencoba untuk tidak menjadikannya sebagai tujuan utama.

Salam Berry Devanda

1 komentar:

  1. Syukurlah, aku nggak terlalu perhatian sama fesbuk dan nggak punya akun twiter juga :D
    Tetep semangat nulis ya :)

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....