1 Feb 2012

Sholat Sunnah 2 Rakaat Sebelum Magrib

Beberapa saat yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi kota Medan untuk sebuah kegiatan. Saya menginap di sebuah hotel Backpacker, tepatnya di Residence Hotel Medan. Saya akan coba review hotel ini pada anda di lain kesempatan. Menuju kota Medan pada rabu siang, dan menginap di hotel tersebut untuk dua malam. Hotel tersebut berada di dekat Masjid Raya Al Ma'Shun Kota Medan. Sebagian Mesjidnya berada di jalan Sisingamangaraja dan sebagian lainnya saya lupa nama jalannya.

Mesjid tersebut berada di dekat istana Maimun. Istana kerajaan Melayu Deli yang didirikan pada tahun 1888. dari Mesjid Raya ini, kita bisa menuju Istana tersebut dengan berjalan kaki. Saya perkirakan sekitar 200 m (CMIIW). Setelah menunaikan kegiatan saya pada hari Kamis pagi. Pada sorenya saya kembali ke Hotel yang berada tepat disamping Mesjid. Mengingat saya baru pertama kali ke Medan, saya sempatkan diri untuk menikmati sholat di mesjid tersebut. Yaitu sholat Magrib di hari kamis dan Sholat Jumat.

Pada kesempatan ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya bersholat magrib di Mesjid Raya Al Ma'shun ini. Saya bersama seorang teman, memasuki halaman Mesjid yang luas ini tepat ketika suara Adzan berkumandang. Suara Azannya begitu mendayu-dayu. Saya langsung memasuki tempat berwuduk yang berdiri terpisah di samping kiri mesjid (jika dilihat dari gerbang utama). Setelah berwuduk, menitipkan sepatu, kemudian masuk ke Mesjid yang masih penuhi suara adzan dan duduk di saf ke 9.

Setelah Adzan selesai, sebagian besar jamaah berdiri untuk menunaikan sholat sunnat. Ini yang menjadi menarik. Seumur-umur saya belum pernah menunaikan ibadah sholat sunnah sebelum Magrib. Dengan kata lain, menunaikan sholat  Sunnah antara Adzan dan Qomat Sholat Magrib. Sungguh belum pernah. Selama saya berkesempatan Sholat Magrib di beberapa Mesjid semenjak saya menunaikan sholat, saya belum pernah menunaikan sholat sunnah tersebut.

Yang ingin saya sampaikan pada anda bukan persoalan benar atau salah. Kuat atau tidaknya landasan hukumnya. karena saya tidak punya ilmu dan pemahaman tentang hal tersebut. Karena saya pikir banyak orang yang tidak sholat, kenapa lebih mendahulukan menghabiskan energi membahas persoalan sholat sunnah tadi. Yang ingin saya sampaikan hanya sebatas pengalaman baru yang saya dapatkan.

Untuk sekedar memenuhi rasa ingin tahu, saya mencarinya di google dengan kata kunci "sholat sunnah sebelum sholat magrib". Saya mendapatkan 377.000 hasil setelah 0.26 Detik. Banyak sekali artikel yang menulis tentang ini rupanya. Berarti saya saja yang selama ini kurang membaca (hahahaha). Setelah saya baca disini. Ternyata memang boleh-boleh saja. hanya saja mungkin sebagian daerah mengerjakannya dan sebagian lagi tidak.

Anda tentu punya pemahaman yang lebih dari saya, jika anda bersedia, mohon beri pencerahannya di kotak Komentar.

Foto : Diambil dari Kamera Nokia E63

14 komentar:

  1. I spend myself to enjoy the prayer at the mosque. Ie Maghrib prayers on Thursday and Friday

    BalasHapus
  2. Syukron jazakallah khoiron katsiron, banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang Shalat sunat rawatib, dan ini snagat bemanfaat untuk semua yang membacanya.

    BalasHapus
  3. memang ada yang mengerjakan ada yang tidak bang...
    untuk di daerah saya itu tidak dijelaskan tapi setelah saya merantau di daerah lain itu dilakukan hampir setiap orang...
    saya coba baca dari sumber abang dulu, ijin ke tkp...

    BalasHapus
  4. I want to say only a new experience that I get.

    BalasHapus
  5. To the city of Medan on Wednesday afternoon, and stay at the hotel for two nights.

    BalasHapus
  6. Between the Adhan and the Sunnah prayers Qomat sunset. It's never been. I had the opportunity during Maghrib prayers at a mosque since my prayers, I never pray the sunnah.

    BalasHapus
  7. kedarnath to badrinath
    Key to fan pages is getting the interaction and connection from users. There are a lot of great looking fan pages out there, but do they draw interaction from its fans. That's the challenge. Although skeptical at first, the relaunch of the fan pages really accommodates to brands.

    BalasHapus
  8. While searching, I have found your blog an interesting one!! Nice posts!!keep it up!!!

    BalasHapus
  9. Key to fan pages is getting the interaction and connection from users. There are a lot of great looking fan pages out there, but do they draw interaction from its fans. That's the challenge. Although skeptical at first, the relaunch of the fan pages really accommodates to brands.

    BalasHapus
  10. Insya allah jika ada kesempatan berkunjung ke masjidil haram dan masjid nabawi maka akan ditemukan hal serupa...

    BalasHapus
  11. Insya allah jika ada kesempatan berkunjung ke masjidil haram dan masjid nabawi maka akan ditemukan hal serupa...

    BalasHapus
  12. Matur suwun atas kabaripun...
    salam kenal...

    BalasHapus
  13. di era sekarang ini, semua orang menginginkan sukses , entah itu sukses dalam bidang rumah tangga, pekerjaan dan lain sebagainya. banyak yang menempuh jalan pintas seperti Pesugihan namun sangat di sayangkan hampir semua orang tidak mengetahui cara sukses yang benar dan terbukti ampuh mengantarkan orang ke gerbang kesuksesan, tanpa Ilmu sukses banyak dari mereka yang terjebak dengan cara instan yang akhir nya malah membuat mereka terpuruk dalam meraih keadaan yang jauh dari kata sukses , untuk itu proses untuk meraih kesuksesan juga perlu untuk diperhatikan. untuk anda yang ingin meraih kesuksesan kami tawarkan sebuag rahasia sukses yang akan menuntun anda meraih kesuksesan. silahkan klik disisni =>Rahasia sukses



    tambahan informasi tentang Pesugihan halal silahkan klik link di bawah ini



    => Pesugihan tanpa tumbal  

    pesugihan tanpa tumbal adalah pesugihan hala yang sangat mudah untuk dilakukan karena pesugihan ini selain tanpa tumbal juga tanpa ritual

    => Batu Mustika 

    batu mustika ini bermanfaat sebagai sarana spiritual yang bisa dimanfaatkan untuk ageman dengan berbagai manfaat

    => Batu Bertuah 

    batu bertuah ini hampir sama manfaat nya dengan batu mustika hanya saja batu bertuah mengandung khodam





    Percayakah Anda dengan membuka aura seseorang bisa menunjang kesuksesan dan meraih kekayaan serta membuat anda tampil lebih mempesona. .

    kami punya jawabanya silahkan klik link di bawah ini  



    => Cara membuka aura kecantikan

    adalah cara membuka aura dengan memanfaat kan sarana buka aura yang bermanfaat untuk menambah kecantikan seseorang dengan Inner beauty


    => Cara membuka aura wajah 

    adalah cara membuka aura dengan memanfaat kan sarana buka aura yang bermanfaat untuk menambah kharisma, wibawa serta pesona seseorang dengan membuka aura wajah

    => Cara membuka aura Jodoh

    adalah cara membuka aura dengan memanfaat kan sarana buka aura yang
    bermanfaat untuk mendekatkan jodoh



    jika Anda ingin membuka Aura kami juga melayaninya GRATIS hanya di bulan ini.

    silahkan klik disini=> Buka Aura Gratis

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....