30 Des 2010

Selamat! Timnas Telah Memenangkan Hati Bangsa Indonesia

Piala AFF 2010 telah selesai. Juara pun sudah di dapat. Malaysia, untuk pertama kalinya menjuarai Turnamen Sepakbola Negara Se-Asia Tenggara itu. Tim Harimau Malaya mematahkan harapan Tim Garuda dengan menang agregat 4-2 (3-0) tadi malam pada Leg kedua di Stadiun Gelora Bung Karno (GBK). Indonesia yang tampil begitu cemerlang semenjak awal turnamen tak mampu memupus penantian panjang akan gelar pertama. Namun, walaupun demikian, Tim Nasional Indonesia pantas mendapat apresiasi yang besar mengingat perjalanan dan harapan besar telah dicetus mereka untuk prestasi sepakbola yang lebih gemilang di tahun mendatang. Selamat! Timnas telah memenangkan Hati Bangsa Indonesia.

Perjuangan Timnas di turnamen ini dibuka dengan kemenangan besar 5-1 melawan Malaysia. Dilanjutkan dengan kemenangan fantastis melawan tim beda kelas, Laos dengan skor 6-0. Berikutnya, melumpuhkan Tim kuat Asia Tenggara, Thailand 2-1. Kemudian, memenangi laga semifinal dengan Kesebelasan campuran Eropa + Amerika + Filipina dengan agregat 2-0 (1-0). Hasil itu mengantar Indonesia ke Final dengan langkah meyakinkan.

Sayang, Indonesia menelan kekalahan besar pada laga tandang di Bukit Jalil melawan tuan rumah Malaysia (3-0). Kekalahan besar tersebut harus dibayar mahal di laga kandang, di GBK Jakarta. walau menang 2-1, namun, Indonesia mengangkat tropi juara.

Terlepas dari semua itu, ada sebuah perubahan yang saya lihat semenjak pelaksanaan Piala AFF pada 1 Desember 2010 yang lalu. sejak turnamen ini dihelat, tidak henti-hentinya pemberitaan sepakbola di media massa. Hampir semua masyarakat bicara bola. antusiasme bangsa ini begitu besar, apalagi melihat penampilan Tim Garuda yang begitu membanggakan.

Permainan Tim Nasional begitu rapi, tertata, jelas tujuan serangannya, disiplin. Bermain cepat persis seperti melihat permainan klub-klub sepakbola eropa. Mereka memainkan sepakbola yang indah. Hanya pada babak kedua pertandingan di Bukit Jalil, konsentrasi Indonesia menjadi buyar.

Melihat pertandingan Final semalam, saya begitu puas melihat permainan Tim Nasional. sangat indah, semua serangan disusun dengan rapi dan hanya dengan sedikit kesalahan. Melihat euforia yang begitu meluas ke seluruh penjuru Republik Indonesia. Tim Nasional telah berhasil mempersatukan bangsa Indonesia. Mereka membuat bangsa ini, sama-sama tertawa, bahagia, kecewa dan berteriak histeris ketika terjadi gol.

Tim Nasional telah membuat sebagian besar bangsa Indonesia terhibur dan lupa betapa buruknya manajemen sepakbola Indonesia, buruknya mental petinggi negara ini. Selamat! Timnas Telah memenangkan Hati Bangsa Indonesia

3 komentar:

  1. yaaaa...setuju..anggi bakalan kangen dengan pemberitaan bersemangat nasionalisme kaya musim aff tahun ini..biasanya kan beritanya koruuuuuuuup,gosip,sirik dll berita yang bikin bangsa jadi temperamental.. :)

    BalasHapus
  2. thanks for winning the championship and give them a beautiful scholarship so that their level increases.

    BalasHapus
  3. kedarnath to badrinath
    Test your brain with this educational game that’s all about health! In Brain Gain, you can test your knowledge about portion size, meal balance, fruit, and vegetables. Brain Gain is a terrific health game for kids of all ages.

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....