23 Okt 2010

Keindahan Laut Teluk Bayur

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat, satu-satunya jalan yang dapat ditempuh kendaraan umum dari kota Padang adalah lintas Padang-Bengkulu via muko-muko. Dari Kota Padang, anda akan keluar melalui daerah Bungus Teluk Kabung di bagian Selatan. Setidaknya ada dua bukit yang akan dilalui sebelum memasuki Kabupaten Pesisir Selatan. Bukit yang pertama adalah bukit lampu dan berikutnya bukit perbatasan. Yang akan kita bahas kali ini adalah view dari Bukit Lampu ke arah pelabuhan Teluk Bayur yang terkenal itu.

Begitu Keluar dari kota Padang, anda melewati Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal). Setelah itu, perjalanan anda akan diselingi pemandangan laut yang indah di sebelah kanan. Ketika anda sudah melepaskan diri dari padatnya pemukiman di Pasar Gaung, keindahan tersebut segera hadir di sebelah kanan anda. Jalan raya yang langsung berbatasan dengan karang abu-abu, yang tak pernah protes karena hempasan ombak lau teluk bayur. Dibalik sana, terhampar kesibukan pelabuhan yang melayani setiap kapal yang singgah.



















Jika anda melewati ini, bersegeralah untuk singgah sekedar menikmati bunyi hempasan air yang memecah di bibir jalan, sembari sesekali menyelinap masuk ke badan jalan. Jika anda sedang tidak terburu-buru, ambillah beberapa gambar terbaik yang anda impikan.

Jika sudah, Kembali lanjutkan perjalanan anda kearah bukit Lampu. Sambil Berjalan pelan, nikmati juga pemandangan Kapal-kapal besar pengangkut kontainer yang sedang parkir di lautan Teluk Bayur. Perpaduan warna bening dan biru air laut menjadi suatu pemandangan yang menyejukan. Belum lagi posisi pulau-pulau kecil ditengah laut.



















Setelah menaiki sedikit badan bukit, pemandangan di sekitar pelabuhan Teluk Bayur dan banyaknya kapal yang parkir semakin mengasikan. Sama halnya memandangi laut selat sunda dari atas udara, ketika kapal-kapal besar berjalan perlahan mendekati pulau jawa. Pemandangan Teluk Bayur dan lautnya ini saya jamin akan semakin indah dan membuat anda berdecak kagum ketika dilihat di malam hari. Baik dilihat dari bukit ini, maupun ketika anda akan landing dengan pesawat udara dari Jakarta menuju Bandara Internasional Minangkabau. Benar-benar pemandangan yang menakjubkan. Kerlap-kerlip lampu pelabuhan, kapal yang sedang parkir atau berjalan ditambah dengan lampu rumah penduduk di sepanjang pantai di bagian Barat kota padang benar-benar menyejukan hati. Jika cuaca cerah, anda akan beruntung, karena terkadang, seolah-olah pilot pesawat seakan ingin memamerkan keindahan Kota Padang di Malam hari. Sayang, saya tidak memiliki fotonya.



Kembali ke Keindahan Laut Teluk Bayur. Anda Teruskan sampai kepuncak bukit, semakin berdecak kagum anda. Apalagi ketika anda menikmatinya di Sore hari. Begitu banyak orang yang mendaki bukit ini hanya untuk melihat matahari tergelincir di batas langit. Beberapa diantaranya bersepeda untuk ikut mendapatkan keindahannya.

Pemandangan seperti ini, hampir tiap minggu saya dapatkan. Apalagi anda yang belum pernah sama sekali. Pastilah berdecak kagum. Setidaknya hal ini yang selalu membesarkan hati ketika menunaikan beberapa keperluan dari rumah ke kota Padang. Jika anda bertanya tentang Kualitas jalan, pastilah saya akan menjawab dengan kernyitan di dahi. Sungguh memprihatinkan. Suatu saat akan saya lihatkan pula pada anda tentang hal ini.

Namun, Keindahan Laut Teluk Bayur baik di siang maupun malam hari sungguh sebuah kesejukan.

Salam Berry Devanda

2 komentar:

  1. Di teluk ini terukir sejuta kisah yang kita tiada pernah mengerti apa yang terusurat ya

    BalasHapus
  2. Sea sides are always wonderful to watch every i also like to wish such places

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....