20 Sep 2010

Wow...Pengguna Internet Indonesia Capai 45 juta

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Tifatul Sembiring mengatakan bahwa pengguna Internet Indonesia saat ini sudah mencapai 45 Juta jiwa orang. Tifatul menyatakan hal tersebut ketika mengunjungi kantor China Unicom di Beijing, Senin (20/9/2010) yang diterima langsung oleh Presiden Direktur China Unicom Chang Xiaobing seperti yang diberitakan Kompas.com.

Yang menarik adalah, jika benar angka tersebut, maka itu adalah potensi yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, bisa anda bayangkan, angka tersebut lebih kurang 11 kali jumlah penduduk Singapura yang hanya berpenduduk lebih kurang 4 juta jiwa. atau hampir 2 kali penduduk malaysia yang lebih kurang 27 juta jiwa.

Silahkan anda bayangkan Potensinya. Angka 45 juta jiwa adalah suatu angka yang fantastis untuk menyebarkan pengaruh dan jualan. Coba anda bayangkan, mana ada toko di dunia nyata yang punya kesempatan dikunjungi 45 juta jiwa?

Mari kita tuliskan apa saja yang dapat dilakukan dengan angka sebesar itu :

1. Menebar Pengaruh
Dengan Jumlah pengguna internet sebanyak itu, maka internet adalah media yang sangat menjanjikan untuk menyebarkan pengaruh dan hegemoni. Bayangkan jika tulisan di blog sederhana anda akan dibaca oleh banyak orang, kemudian 10 % nya saja terpengaruh oleh tulisan anda. atau jangankan 10%, 1% saja yang terpengaruh sudah bukan main efeknya. Jika 1% tersebut menceritakan lagi kepada orang lain pastilah makin dalam penetrasinya. Semuanya terserah anda, mau bikin tulisan positif atau malah tulisan yang bersifat agitasi. Bayangkan jika tulisan anda yang bersifat hasutan atau fitnah? bukan satu kampung lagi yang bisa berantem, tapi bisa satu pulau. Dahyat.

2. Image Building
Internet sekarang adalah ladang menjanjikan untuk membangun citra diri. Bisa anda lihat saat ini, berapa banyak politisi yang menggunakan jasa internet untuk membangun citra dirinya. Mereka mendirikan Web personal dengan tujuan membangun pencitraan positif. Betapa tidak, Presiden Amerika pun memanfaatkan salah satu situs internet untuk kampanye, salah satunya Youtube.

3. Toko Online
Wah,,,yang ini juga luar biasa. Angka 45 juta adalah angka luar biasa untuk jualan. kalau pengusaha suka bilang, yang paling penting dari suatu usaha ada 3 yaitu Lokasi, lokasi, dan lokasi. Apalagi tokonya buka di perempatan yang rame. Pasti banyak pengunjung. Nah ini, angka 45 juta bukan diperempatan lagi, udah ditengah jalanan pasar.

Melihat angkanya, pastilah internet Indonesia adalah pasar yang menjanjikan.

bagaimana menurut sobat?

4 komentar:

  1. yea.. data yang menakjubkan..Bener kah tuh data? Waduh.. harus aku kejar tuh 10% dari total... :D

    BalasHapus
  2. semoga saja para pengguna tersebut bukan untuk hal-hal yang negatif...

    BalasHapus
  3. wa, benar2 data yg menakjubkan Mas Berry.
    dr uraian diatas, bunda sepakat bisnis online cukup menjanjikan di negeri kita , asal mau menekuninya dgn serius
    salam

    BalasHapus
  4. Its very wonderful news for Indonesia that so many people are aware to internet.

    BalasHapus

Ketikan Komentar anda dengan memilih pada opsi beri komentar sebagai Name/URL....